hero

Santunan Akbar 100 Yatim Dhuafa : Maknai Hijrah Rasulullah SAW

20 September 2022 |Berita Terbaru

Santunan Akbar 100 Yatim & Dhuafa

 

Istilah yatim berasal dari kata dalam bahasa Arab, bermakna seorang anak yang belum baligh namun telah ditinggalkan oleh ayahnya. Umumnya, anak yang belum mencapai kematangan biologis (baligh) belum dapat memenuhi kebutuhannya sendiri. Sehingga ia masih tergantung dengan kedua orang tuanya dalam pemenuhan kebutuhan sandang, pangan dan papan.

Saat seorang ayah meninggal dunia, kebutuhan anak yatim terus berjalan. Bahkan terus bertambah seiring berjalannya waktu. Tugas pemenuhan kebutuhan tersebut tentunya diambil alih oleh ibu atau kerabat dekat dari anak yatim tersebut.

Jika kondisi ekonomi ibu dan kerabat dekat dari anak yatim tersebut cukup baik, tentunya tidak ada masalah dalam pemenuhan kebutuhan pokok dan pendidikan anak. Namuh, jika kondisi ekonomi kurang mencukupi, tentunya kebutuhan pokok anak yatim dapat terabaikan.  Pendidikan bagi anak yatim tersebut juga tidak bisa menjadi prioritas. Sementara, kebutuhan akan sandang, pangan maupun papan serta pendidikan bagi anak yatim terus berjalan setiap harinya.

Pemberian santunan kepada anak yatim sebaiknya dilakukan secara rutin

Kedudukan anak yatim sangatlah mulia di mata Islam. Anjuran untuk menyantuni anak yatim sebagai bentuk menyayangi mereka pun sangat ditekankan dan memiliki banyak keutamaan, di antaranya:

  1. Meraih peluang menjadi teman Rasulullah di surga
  2. Pemelihara anak yatim dijamin masuk surga
  3. Mendapatkan predikat Abror (Saleh atau Taat kepada Allah)
  4. Mendapatkan Pertolongan Allah SWT
  5. Terhindar dari Siksa Akhirat
  6. Menggapai Keberuntungan dan Menjadi yang Terbaik

Pemberian Santunan kepada 50 adik yatim binaan YBKB

Yayasan Bangun Kecerdasan Bangsa (YBKB) memiliki visi menciptakan generasi cerdas, mandiri dan berakhlak mulia. Visi ini ditujukan bagi seluruh lapisan masyarakat, terutama generasi penerus, tak terkecuali bagi anak-anak yatim yang berada dalam kondisi pra sejahtera (dhuafa). Setiap pekan, YBKB rutin mengadakan santunan yatim dhuafa dan setiap tahunnya terdapat kegiatan Santunan Akbar bagi adik-adik yatim dhuafa binaan.

Pada hari Jumat, 30 September 2022, YBKB akan mengadakan kegiatan Santunan Akbar 100 Adik Yatim Dhuafa di Graha Cerdas Mandiri, Jakarta Timur. Kegiatan ini mengusung tema Memaknai Hijrah Rasulullah SAW dari Mekkah ke Madinah. Santunan ini bertepatan dengan bulan Safar, bulan yang sangat baik untuk memperkuat iman, menambah yakin pada ketetapan Allah SWT, serta meningkatkan rasa takwa dan tawakal.

Santunan Akbar kali ini dimeriahkan oleh kehadiran Kak Rima, sebagai Penceramah Milenial. Kak Rima akan menceritakan kisah hijrah Rasulullah SAW kepada 100 adik-adik yatim yang hadir di kantor pusat YBKB. Diharapkan, dengan adanya kegiatan ini dapat menambah semangat dan juga wawasan bagi adik-adik yatim yang hadir.

Semoga kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar. Yuk, dukung kegiatan Santunan Akbar 100 Adik Yatim Dhuafa dengan klik di sini!

 

Baca Juga Artikel Lainnya