hero

Pemeriksaan Gigi bagi Santri Tahfidz Yatim Dhuafa

1 November 2022 |Berita Terbaru

Pemeriksaan Kesehatan Gigi dan Mulut

bagi Santri Tahfidz Yatim Dhuafa

 

Kesehatan gigi dan mulut merupakan salah satu hal penting bagi setiap individu. Namun, belum semua orang menyadari manfaat dari menjaga kesehatan gigi dan mulut. Dilansir dari detikcom, berikut manfaat menjaga kesehatan gigi dan mulut:

  1. Meningkatkan kepercayaan diri
  2. Mengurangi resiko penyakit jantung
  3. Mempertahankan daya ingat
  4. Mengurangi resiko infeksi dan peradangan pada tubuh
  5. Membantu menstabilkan gula darah pada penderita diabetes

Begitu banyak manfaat dari menjaga kesehatan gigi dan mulut. Namun, kesadaran masyarakat tentang kesehatan mulut dan gigi di Indonesia masih rendah. Ini menyebabkan rendahnya kualitas kesehatan gigi dari masyarakat Indonesia, terutama anak-anak.

Sekitar 93% anak Indonesia mengalami masalah gigi berlubang, sementara 70% diantaranya mengalami karies gigi. Padahal kondisi ini bisa dicegah dan gigi sehat bisa mudah dimiliki dengan perawatan gigi dan mulut yang tepat. 

Dianjurkan setiap 6 bulan sekali mengadakan kunjungan ke dokter spesialis gigi agar dapat mencegah kerusakan pada gigi. Tapi belum semua pihak, terutama anak-anak, bisa rutin ke dokter spesialis gigi sesuai anjuran.

Rasa takut untuk ke dokter gigi, biaya perawatan gigi yang mahal, serta persebaran dokter gigi yang tidak merata masih menjadi hambatan dalam terciptanya kesadaran masyarakat untuk menjaga kesehatan mulut dan gigi.

Ketua Persatuan Dokter Gigi Indonesia, drg. Usman Soemantri, mengatakan jumlah dokter gigi yang tersedia masih jauh perbandingannya dengan jumlah penduduk yang ada. Menurutnya, saat ini hanya tersedia 1 dokter spesialis gigi untuk melayani 10.000 masyarakat Indonesia. Dengan kondisi geografis Indonesia, idealnya tersedia 1 dokter spesialis gigi yang mampu melayani 5.000 penduduk di sekitarnya.

Data ini menunjukkan, masih banyak daerah pelosok Indonesia yang belum terjangkau oleh pelayanan dokter spesialis gigi yang memadai. Salah satu daerah yang  termasuk di dalamnya adalah Banjarbaru, Kalimantan Selatan. 

Rasanya, jika tidak ada kondisi darurat, mendapatkan layanan dokter spesialis gigi bagi anak-anak merupakan sebuah kemewahan. Mereka harus menempuh jarak puluhan kilometer untuk menuju fasilitas kesehatan, mematahkan keinginan mereka untuk rutin memeriksakan gigi. 

Yayasan Bangun Kecerdasan Bangsa (YBKB) kembali mengadakan kegiatan untuk pemeliharaan kesehatan adik-adik yatim dan dhuafa, yaitu Pemeriksaan Gigi 50 Santri Tahfidz Yatim dan Dhuafa. Kegiatan pemeliharaan kesehatan ini telah rutin diadakan oleh YBKB bagi adik-adik yatim dhuafa.

Banyak keterbatasan yang membuat mereka tidak bisa melakukan pemeriksaan gigi secara rutin, padahal pemeriksaan rutin tersebut sangat penting untuk menjaga kesehatan serta tumbuh kembang anak. Generasi yang cerdas tentu membutuhkan tubuh yang sehat dan kuat, termasuk di dalamnya kondisi gigi.

Kegiatan Pemeriksaan Gigi 50 Santri Tahfidz Yatim & Dhuafa ini insyaAllah akan dilaksanakan pada hari Senin, 31 Oktober 2022, berlokasi di Your Dental Care Banjarbaru.

Tidak hanya sekedar pemeriksaan kesehatan gigi bagi Santri Tahfidz Yatim Dhuafa, YBKB juga akan menyalurkan amanah pemberian santunan pendidikan dan pembagian sembako.

Yuk, ikut serta menciptakan generasi cerdas dengan mendukung terlaksananya pemeriksaan gigi bagi 50 Santri Tahfidz Yatim Dhuafa di Banjar Baru, Kalimantan Selatan.