hero

Khitanan Massal YBKB 2022: Menuju Generasi Sehat dan Bersih

20 December 2022 |Berita Terbaru

Khitanan Massal YBKB 2022
Menuju Generasi Sehat dan Bersih

 

Hai Sahabat Cerdas!

Bismillah pada penutup tahun 2022 ini, Yayasan Bangun Kecerdasan Bangsa (YBKB) akan kembali mengadakan kegiatan Khitanan Massal. Khitanan kali ini ditujukan untuk 100 Adik Yatim dan Dhuafa, dengan tema Menuju Generasi Sehat dan Bersih. Diharapkan, dengan kesehatan dan kebersihan yang optimal, maka bangsa yang cerdas akan lebih mudah terwujud.

Tahun ini, para peserta khitanan massal merupakan adik-adik yatim dan dhuafa binaan YBKB yang berada di cabang Yogyakarta dan Jambi. Kegiatan ini dilaksanakan serentak pada hari Sabtu, 31 Desember 2022 di area kantor cabang YBKB Jambi dan Yogyakarta.  Sebelumnya, kegiatan khitanan rutin diadakan setiap tahun sejak 2017 di kantor pusat YBKB di Jakarta Timur.

Manfaat Khitan

Dilansir dari kompas dan halodoc, terdapat berbagai manfaat khitan bagi anak laki-laki: Dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan kedokteran, saat ini telah diketahui berbagai manfaat khitan bagi kesehatan, diantaranya:

  1. Lebih Mudah Menjaga Kebersihan 

Laki-laki yang sudah dikhitan akan lebih mudah dalam menjaga kebersihan dirinya. Dengan kebersihan tubuh yang jauh lebih terjaga pada area kemaluan setelah dikhitan, maka tubuh pun terhindar dari kuman dan bakteri. Dengan tubuh yang sehat, maka kualitas hidup akan meningkat..

  1. Mencegah Terkena Penyakit Infeksi Saluran Kemih dan Fimosis

Penyakit infeksi saluran kemih dan fimosis adalah beberapa contoh penyakit yang dapat dicegah dengan melakukan khitan. Terkena infeksi saluran kemih yang parah dapat menyebabkan kerusakan ginjal.

  1. Menurunkan Resiko Terkena Kanker

Dengan berkhitan, tidak hanya menurunkan resiko terkena kanker prostat dan kanker penis. Melainkan juga mampu menurunkan resiko terkena kanker serviks pada pasangannya di kemudian hari.

  1. Mencegah Peradangan maupun Penyakit Menular Seksual

Kulup dan kepala penis yang tidak dikhitan rawan mengalami peradangan. Ini disebabkan kulit kulup sulit untuk kembali ke posisi semula setelah ditarik.Penyakit menular seksual pun lebih rentan terjadi pada laki-laki yang belum dikhitan.

Hambatan Pelaksanaan Khitan

Terdapat banyak manfaat khitan dari segi kesehatan, namun tidak semua pihak bisa melaksanakan khitan. Salah satu penyebabnya adalah keterbatasan dana. Bagi sebagian orang, khitan belum menjadi prioritas yang perlu dilakukan sehingga cenderung menunda pelaksanaan. 

Yayasan Bangun Kecerdasan Bangsa (YBKB) rutin setiap tahun melaksanakan khitanan massal untuk membantu adik-adik yang ingin berkhitan tapi terkendala biaya. Jika pada tahun-tahun sebelumnya khitanan massal rutin diadakan di kota Jakarta, pada tahun ini khitanan massal dilaksanakan di Muara Bungo, Jambi dan juga Yogyakarta. Ini dilaksanakan untuk membuka kesempatan bagi adik-adik binaan di daerah sekitar kantor cabang YBKB.

Mengukir Senyum Saat Pelaksanaan Khitanan Massal

Selain pelaksanaan khitanan massal, YBKB juga akan melaksanakan pemberian santunan bagi 100 adik-adik yatim dhuafa yang menjadi peserta khitan. Berbagai bingkisan dan juga paket sembako juga akan diberikan pada keluarga dari adik-adik binaan YBKB. Kami berharap, senyum bahagia juga akan terukir di wajah kerabat dari adik-adik yatim dhuafa binaan YBKB.

Yuk Sahabat Cerdas, ikut berpartisipasi menyalurkan donasi serta sedekah terbaikmu pada kegiatan khitanan massal di penghujung tahun ini. Mari bersama-sama ukir senyum di wajah mereka yang membutuhkan. 

 

Baca Juga Artikel Lainnya