Hari Lanjut Usia (Lansia) Internasional diperingati setiap tanggal 1 Oktober sebagai upaya agar kesejahteraan dan kesehatan para lansia lebih diperhatikan lagi. 

Jumlah populasi lansia di dunia yang terus bertambah menjadi sebuah fenomena yang menjadi perhatian WHO dan PBB. WHO memprediksi akan ada sekitar 1,5 miliar penduduk yang memasuki usia lansia di tahun 2050 atau 1 dari 6 orang akan memasuki usia 65 tahun ke atas. 

Sayangnya, seiring dengan meningkatnya jumlah lansia, akan bertambah pula masalah degeneratif dan penyakit tidak menular (PTM) seperti diabetes, hipertensi, gangguan kesehatan jiwa seperti depresi, demensia  dan sulit tidur. 

Selain itu, beberapa lansia harus mengalami kekerasan di dalam rumah atau ditelantarkan oleh anak dan cucu mereka. Padahal lansia membutuhkan perhatian khusus dari orang lain, apalagi jika lansia tersebut mengidap penyakit yang membutuhkan bantuan orang lain. 

Tantangan lainnya adalah para lansia mengidap PTM kronis lebih dari satu dan mengakibatkan mereka meninggal akibat tidak mendapatkan pelayanan yang komprehensif untuk penyakit mereka. 

Hal inilah yang menginisiasi bidang YBKB for Humanity (YOU) untuk menyelenggarakan kegiatan Cek Kesehatan 100 Lansia dan 10 Penyandang Polio sebagai upaya untuk kepedulian kepada para lansia dan penyandang polio. 

Cek Kesehatan: Sehat dan Sejahtera, Berbagi Bersama Lansia dan Penyandang Polio

Alhamdulillah atas izin Allah SWT dan dukungan dari para Sahabat Dermawan YBKB, kegiatan Cek Kesehatan Lansia dapat berjalan dengan lancar dan baik di Hari Minggu, 31 Oktober 2021. 

Kegiatan berlangsung di Kantor Pusat YBKB yang berlokasi di Graha Cerdas Mandiri, Jl. Raya Tengah No. 22 Rt. 008 Rw. 008 Pasar Rebo, Jakarta Timur.

Registrasi

Kegiatan berbagai bersama lansia dimulai di pukul 08.00 WIB dengan pendaftaran dari para lansia, peserta pemeriksaan kesehatan yang telah didata sebelumnya oleh tim bidang YOU. 

Untuk pelaksanaan pemeriksaan kesehatan para lansia dibagi menjadi empat kloter dengan jumlah 25 lansia setiap kloternya. 

Hal ini dilakukan guna menghindari kerumunan seperti yang disebutkan dalam protokol kesehatan dan juga agar para peserta pemeriksaan kesehatan merasa lebih nyaman dalam pelaksanaannya.

 

Sambutan-Sambutan

Acara pemeriksaan kesehatan dibuka  oleh MC dengan pembacaan basmallah dengan harapan semoga seluruh rangkaian kegiatan pemeriksaan kesehatan 100 lansia dapat berjalan dengan lancar dan baik. 

Acara kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Ibu Nunung Siti Cholimah, S.H., M.H. selaku Lurah dari Kampung Gedong. Beliau menyampaikan ucapan terima kasih karena telah menyelenggarakan acara yang sangat bermanfaat bagi warga lansia di Kampung Gedong. 

Sambutan berikutnya diberikan oleh Bapak Abdul Hakim selaku Ketua RW yang juga mengucapkan terima kasih atas diselenggarakannya kegiatan pengecekan kesehatan di Kampung Gedong dan harapannya akan dapat turut membantu dalam kegiatan.

Acara dilanjutkan dengan sambutan dari Pak Ichwana selaku perwakilan dari YBKB. Beliau menyampaikan tujuan diadakannya kegiatan pemeriksaan kesehatan 100 lansia dan 10 penyandang polio adalah untuk memperingati Hari Lansia Sedunia dan Hari Polio Sedunia yang jatuh di tanggal 24 Oktober 2021. 

Pemeriksaan Kesehatan sekaligus Pembagian Sembako

Seperti disebutkan diatas, meskipun saat ini status PPKM di Jakarta telah diturunkan menjadi level 1, proses pemeriksaan kesehatan di Kantor Pusat YBKB tetap dilakukan sesuai dengan protokol kesehatan, yaitu menghindari kerumunan. 

Pemeriksaan kesehatan Lansia dibagi menjadi 4 kloter dengan jumlah 25 lansia setiap kloternya dengan harapan para lansia dapat lebih merasa nyaman karena tidak kondisi ruangan yang tidak penuh sesak. 

Seluruh peserta pemeriksaan kesehatan Lansia menjalani rangkaian pemeriksaan kesehatan meliputi pemeriksaan gula darah, tekanan darah, asam urat dan kolesterol karena empat hal ini yang diperhatikan oleh para lansia.

Setelah menjalani rangkaian pemeriksaan kesehatan, para peserta pemeriksaan kesehatan akan diberikan obat-obatan dan vitamin sesuai dengan kebutuhan tubuh mereka. Diharapkan dengan pemberian obat-obatan beserta vitamin dapat meningkatkan kualitas kesehatan para lansia.

Usai menerima obat-obatan dan vitamin, para peserta lansia dapat kembali pulang ke rumah dengan membawa sedikit bantuan sembako dan santunan dari YOU sebagai bentuk kepedulian dari para Sahabat Dermawan kepada para Lansia. 

Pemeriksaan Kesehatan 10 Penyandang Lansia

Seluruh rangkaian acara pemeriksaan kesehatan ditutup dengan pemeriksaan kesehatan kepada 10 penyandang polio oleh dokter dengan mengunjungi para penyandang polio ke rumah mereka masing-masing dikarenakan kondisi mereka. 

Selain pemeriksaan kesehatan kepada para penyandang polio, tim bidang YOU juga menyerahkan bantuan berupa sembako dan santunan dengan harapan dapat meringankan beban mereka dan dapat membantu mereka membeli kebutuhan vitamin maupun makanan agar dapat meningkatkan kualitas kesehatan mereka. 

https://www.instagram.com/reel/CVsPCn_BJAe/?utm_source=ig_web_copy_link

Semoga setelah terselenggaranya kegiatan ini, para lansia dan penyandang polio beserta keluarga dapat semakin memperhatikan kesehatan dan sadar akan pentingnya pemeriksaan kesehatan secara rutin demi kesejahteraan para lansia dan penyandang polio.

Rasa syukur kami ucapkan sebesar-besarnya kepada Allah SWT karena dengan izinNya seluruh kegiatan Pemeriksaan kesehatan Lansia dapat berjalan dengan lancar tanpa adanya kendala yang berarti. 

Tidak lupa kami ucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada para Sahabat Dermawan yang telah menunjukkan kepedulian dan perhatiannya kepada para lansia yang membutuhkan perhatian dari kita. 

Semoga Allah SWT menjadikan kita menjadi anak-anak yang dapat merawat orang tua kita di hari  senja mereka dengan penuh kasih seperti saat mereka mencurahkan kasih sayang mereka kepada kita sejak kita dilahirkan di dunia. Aamiin ya rabbal’aalamiin. 

 


  Kembali