Setiap tahun di tanggal 10 Dzulhijjah seluruh umat Muslim di dunia merayakan Hari Raya Idul Adha atau Hari Raya Haji. Hari Raya Idul Adha selalu diidentikkan dengan penyembelihan hewan kurban dan membagikannya kepada orang-orang yang membutuhkan. 

Perintah berkurban turun saat Nabi Ibrahim diberikan perintah oleh Allah untuk menyembelih putra Beliau, Nabi Ismail. Meskipun terasa berat, namun Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail tetap yakin untuk menjalankannya karena ini semua perintah Allah SWT. Seperti yang tertera di Surat At Taubah Ayat 41:

اِنْفِرُوْا خِفَافًا وَّثِقَالًا وَّجَاهِدُوْا بِاَمْوَالِكُمْ وَاَنْفُسِكُمْ فِيْ سَبِيْلِ اللّٰهِ ۗذٰلِكُمْ خَيْرٌ لَّكُمْ اِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُوْنَ

“Berangkatlah kamu baik dengan rasa ringan maupun dengan rasa berat, dan berjihadlah dengan harta dan jiwamu di jalan Allah. Yang demikian itu adalah lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.”

Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail mentaati perintah Allah SWT hingga pada akhirnya Allah SWT mengubah perintahNya dan mengganti domba sebagai pengganti Nabi Ismail untuk disembelih. Hal ini yang kemudian menjadi sebuah perintah dari Allah untuk menyembelih hewan kurban. 

Bentuk keikhlasan dan ketaatan Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail sudah sepatutnya kita ikuti guna mendapatkan keridhoan dan rahmat Allah SWT agar kita senantiasa ditunjukkan jalan yang lurus. Aamiin ya rabbal’alamiin. 

Untuk kata Qurban sendiri diambil dari kata qaraba yang berarti pendekatan. Maka dapat diartikan  juga bahwa berkurban sebagai ikhtiar seseorang untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan hanya mengharap ridho dari Allah SWT. 

Alhamdulillah guna menjalankan perintah Allah SWT untuk berkurban di Hari Raya Idul Adha dan beriringan dengan salah satu agenda Sustainable Development Goals (SDGs) no. 2 yang ada di YBKB, mimpi untuk mengakhiri kelaparan, Bidang Kemanusiaan, YBKB for Humanity (YOU) telah menyelenggarakan program  “Berani Berkurban, Menebar Kebaikan”.

Selama pandemi Covid-19 ini, masyarakat menengah ke bawah menjadi orang yang paling merasakan dampaknya. Tidak sedikit dari mereka yang harus kehilangan mata pencaharian mereka karena tempat mereka bekerja tidak lagi mampu untuk membayar upah mereka. 

Atau para pelaku industri rumahan dan pemilik usaha makanan yang harus merasakan grafik penjualan mereka menurun tajam, terlebih sejak pemerintah memberlakukan peraturan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).  Mereka harus semakin mengencangkan ikat pinggang mereka untuk bertahan hidup.

Melalui program “Berani Berkurban, Menebar Kebaikan”, YBKB berharap dapat membantu warga yang membutuhkan dan terdampak akibat pandemi untuk turut  merasakan kebahagiaan di Hari Raya Idul Adha melalui daging kurban yang disalurkan kepada mereka. 

Berani Berkurban, Menebar Kebaikan

Bertepatan dengan ulang tahun YBKB yang ke-14, Hari Raya Idul Adha kali ini terasa begitu istimewa karena Program Kurban diselenggarakan di 14 titik di Indonesia sesuai dengan angka ulang tahun YBKB.

Alhamdulillah atas seizin Allah SWT dan uluran tangan para sahabat dermawan, program Berani Berkurban, Menebar Kebaikan dapat diselenggarakan secara serentak di 14 wilayah di Hari Rabu, 21 Juli 2021 dengan lancar dan baik.

Titik-titik pelaksanaan kurban disebar di 14 wilayah di Indonesia:

  1. Jakarta, DKI Jakarta
  2. Yogyakarta, DIY Yogyakarta
  3. Jambi, Jambi
  4. Banjarbaru, Kalimantan Selatan
  5. Ciamis, Jawa Barat
  6. Sukabumi, Jawa Barat
  7. Kota Bekasi, Jawa Barat
  8. Kota Bogor, Jawa Barat
  9. Karawang, Jawa Barat
  10. Kota Tangerang, Banten
  11. Palangkaraya, Kalimantan Tengah
  12. Depok, Jawa Barat
  13. Tual, Maluku
  14. Serang, Banten

Pelaksanaan Penyembelihan Hewan Kurban

Alhamdulillah atas kebaikan dari para sahabat dermawan, YBKB dapat menyembelih dan menyalurkan hewan kurban sebanyak 15 ekor sapi dan 30 ekor kambing. Seluruh hewan kurban telah disalurkan kepada 1.500 KK yang tersebar di 14 titik di Indonesia.

proses penyembelihan hewan kurban

Penggunaan Besek Bambu Sebagai Bentuk Mengurangi Sampah Plastik

Guna mengurangi produksi sampah plastik, sejak 5 tahun ini YBKB selalu menggunakan wadah besek yang terbuat dari bambu sebagai wadah untuk daging kurban. Insya Allah dengan sedikit perubahan ini dapat membawa dampak besar terhadap lingkungan. Aamiin ya rabbal’alamiin.

Pendistribusian Hewan Kurban

Pendistribusian hewan kurban kali ini sedikit berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya dikarenakan bertepatan dengan pelaksanaan PPKM. Sebelumnya, panitia membagikan kupon dan para penerima manfaat akan datang ke lokasi untuk mengambil daging kurban. 

Namun, tahun ini seluruh  pendistribusian daging kurban dibagikan secara langsung oleh panitia ke rumah-rumah para penerima manfaat. Hal ini dilakukan sebagai bentuk dukungan YBKB untuk menjaga jarak dan menghindari kerumunan guna memutus tali penularan virus Covid-19. 

Terima kasih sebesar-besarnya kami ucapkan kepada para sahabat dermawan karena atas kepedulian dan kemurahan hati para sahabat, YBKB dapat menyelenggarakan penyembelihan dan pendistribusian hewan kurban di tengah-tengah pandemi tahun ini. Semoga Allah SWT senantiasa memberikan kesehatan dan perlindungan kepada para sahabat dermawan dan keluarga. 

Semoga dengan keikhlasan para sahabat untuk berbagi kepada para adik yatim, dhuafa dan para mustahiq diterima oleh Allah SWT. Semoga seluruh doa-doa para sahabat diijabah oleh Allah dan dilancarkan serta dipermudah seluruh urusannya. Serta dilimpahkan berkah dan rahmat oleh Allah di dunia dan akhirat. Aamiin ya rabbal’alamiin.

 


  Kembali