Halal bi Halal merupakan sebuah tradisi yang terjadi hanya di Indonesia dan berlangsung di Bulan Syawal, tepatnya setelah umat Muslim di Indonesia menunaikan Rukun Islam yang ke-3, yaitu berpuasa sebulan penuh di Bulan Ramadan. 

Istilah halal bi halal dicetuskan oleh KH Wahab Chasbullah di tahun 1948 sebagai usulan kepada Presiden Indonesia yang pertama, Ir. Soekarno  yang diambil dari kata ‘thalabu halal bi thariqin halal’ yang memiliki arti mencari penyelesaian masalah atau mencari keharmonisan hubungan dengan cara memaafkan kesalahan. Sejak saat itulah, halal bi halal dijadikan tradisi  di Indonesia. 

KEBAIKAN HALAL BI HALAL

Halal bi halal membawa begitu banyak kebaikan bagi yang melakukannya dengan hati ikhlas dan tulus Berikut berbagai kebaikan yang dapat kita ambil dari halal bi halal yang sangat sayang untuk kita lewatkan:

Waktu yang tepat untuk meminta maaf

Setiap orang pasti memiliki kesalahan dan terkadang sungkan untuk meminta maaf secara langsung dan momen halal bi halal merupakan waktu yang paling tepat untuk meminta maaf karena halal bi halal identik dengan saling memaafkan. 

Mempererat tali persaudaraan

Momen halal bi halal ini menjadi salah satu cara untuk berkunjung dan berkumpul bersama keluarga, baik keluarga jauh mau pun keluarga dekat dan inilah yang membuat tali persaudaraan semakin erat meski pun bertemu hanya 1 kali setahun di momen halal bi halal. 

Menghilangkan penyakit hati

Setelah saling memaafkan dengan penuh keikhlasan, seluruh rasa penyakit hati yang sebelumnya akan  perlahan-lahan hilang dari dalam hati dan membuat hati kita semakin tenang. 

Membangun kepedulian terhadap sesama

Halal bi halal yang terjadi di Bulan Syawal bukan hanya dilakukan bersama keluarga saja, namun dapat dilakukan dengan tetangga dekat atau jauh dan menjadi satu kesempatan bagi kita untuk berbagi kepada mereka yang membutuhkan sebagai bentuk kepedulian kita. 

HALAL BI HALAL DAN SANTUNAN BERSAMA 100 ANAK YATIM & DHUAFA

Berawal dari rasa kepedulian terhadap sesama, alhamdulillah YBKB dapat menyelenggarakan Halal bi halal bersama dengan 100 Anak Yatim dan Dhuafa binaan YBKB di Hari Minggu, 30 Mei 2021 di Kantor Pusat YBKB Pasar Rebo, Jakarta Timur. 

Alhamdulillah acara Halal Bi Halal dan Santunan 100 Anak Yatim dan Dhuafa terselenggara dengan lancar dengan mengundang 32 anak yatim dan dhuafa ke kantor Pusat YBKB Pasar Rebo dan pembagian santunan kepada 68  anak dengan cara diantarkan ke rumah  mereka masing-masing. 

Berikut rangkuman dari kegiatan Halal bi Halal dan Santunan yang diselenggarakan oleh YBKB:

Penyaluran Bingkisan dan Santunan 

Kegiatan halal bi halal dan santunan dimulai dengan panitia berkeliling menyalurkan bingkisan dan santunan ke rumah 68 anak yatim dan dhuafa yang belum berkesempatan hadir di lokasi acara. Hal ini dilakukan guna mematuhi protokol kesehatan dengan menghindari kerumunan. 

Istighosah Bersama

Kegiatan halal bi halal dilanjutkan dengan kegiatan istighosah bersama dengan anak yatim dan dhuafa yang hadir beserta panitia acara. Istighosah diisi dengan melantunkan Asmaul Husna dan Asmaun Nabi bersama-sama sebagai ikhtiar agar seluruh peserta dapat lebih dekat dengan Allah dan semakin memahami tanda-tanda kekuasaan Allah SWT. Alhamdulillah agenda istighosah berjalan dengan baik dan lancar. 

Penampilan Juara 2 Pildacil Festival Ramadan 1442 H

Setelah kegiatan istigotsah, acara halal bi halal dilanjutkan dengan penampilan dari Bilqishi Nafizah yang merupakan Juara 2 Lomba Pildacil 2021 di rangkaian acara Festival Ramadan 1442 H yang diadakan oleh YBKB di Bulan Ramadan 1442 H. 

Bilqish yang merupakan anak binaan YBKB di kesempatan kali ini membawakan tausiyah tema “Adab  Kepada Orang Tua”. Di penampilannya kali ini yang membuat seluruh orang yang ada di lokasi acara merasa terenyuh dan tersentuh dengan materi yang diberikan oleh Bilqish. Mudah-mudahan di tahun-tahun berikutnya akan lahir generasi-generasi yang kuat dalam ilmu agama dan aqidah melalui binaan YBKB. Aamiin.

Tausiyah 

Acara selanjutnya dilanjutkan dengan pemberian tausiyah dari Ust. Deni yang dapat memberikan Setelah penampilan Bilqish yang menyentuh, acara dilanjutkan dengan pemberian tausiah dari Ust. Deni. 

Doa Penutup dan Pembagian Bingkisan & Santunan kepada Anak Yatim & Dhuafa

Atas izin Allah, rangkaian acara Halal bi halal ditutup dengan doa bersama yang dipimpin oleh Ust. Deni dan dilanjutkan dengan pembagian santunan kepada 32 anak-anak yatim dan dhuafa yang hadir di lokasi acara. 

Seluruh Keluarga Besar YBKB mengucapkan terima kasih kepada seluruh Dermawan yang telah ikut membantu dan mendukung berjalannya program YBKB di penutupan bulan in. Atas izin Allah dan seluruh dukungan dari para Dermawan, YBKB dapat menyalurkan seluruh amanat-amanat yang telah dipercayakan kepada kami. Alhamdulillahirabbil’alaamiin.

Semoga Allah senantiasa memberikan ridho dan melimpahkan berkahNya untuk kita semua. Semoga kita dapat menjadi umatNya yang dapat terus menjaga tali silahturahim dengan sesama dan mempertemukan kita di Surga seperti yang dikatakan oleh Nabi Muhammad SAW:

“Orang yang memelihara anak yatim di kalangan umat muslimin, memberikannya makan dan minum, pasti Allah akan masukkan ke dalam surga, kecuali ia melakukan dosa yang tidak bisa diampuni.” (HR. Tirmidzi dari Ibnu Abbas)

Aamiin ya rabbal’alaamiin..

 

goodnewsfromindonesia.org, liputan6.com, theasianparent.id

 


  Kembali