Bulan Ramadan menjadi satu bulan yang dinantikan dan paling ditunggu oleh seluruh umat Islam di  dunia karena di Bulan Ramadan ini seluruh umat Islam akan menjalankan Rukun Islam yang  ke-3, yaitu Berpuasa selama satu bulan penuh di Bulan Ramadan. 

RAMADAN: BULAN PENUH KEMULIAAN BAGI UMAT ISLAM

Bulan Ramadan merupakan bulan penuh dengan kemuliaan bagi umat Islam di mana seluruh umat Islam diberikan kesempatan oleh Allah untuk meningkatkan ibadahnya  di Bulan Ramadan karena bulan ini memiliki banyak sekali keutamaan dibandingkan dengan hari lain. 

Bulan penuh dengan keberkahan

Sungguh telah datang kepada kalian bulan yang penuh berkah. Pada bulan ini diwajibkan puasa kepada kalian..” (HR. Ahmad, An-NasaI dan Al-Baihaqi).

Bulan Ramadan disebut dengan penuh keberkahan bagi umat Islam. Selain keberkahan dalam setiap ibadah yang dilakukan, Bulan Ramadan juga memberikan keberkahan bagi banyak orang, salah satunya meningkatnya pertumbuhan ekonomi di Bulan Ramadan. Banyak orang-orang yang menjadi ‘pedagang dadakan’ di Bulan Ramadan dan menjajakan berbagai hidangan untuk berbuka puasa. 

Selain membawa berkah bagi Umat Islam yang mengerjakan puasa dan para penggerak ekonomi, Bulan Ramadan juga membawa berkah bagi para kaum dhuafa dan fakir miskin karena di bulan ini, umat Islam diperintahkan untuk menunaikan zakat fitrah  dan memperbanyak sedekah. 

Bulan penuh dengan pengampunan

Bulan Ramadan atau disebut juga bulan Maghfirah merupakan bulan di mana Allah menghapuskan dosa-dosa bagi umat Islam seperti disebutkan dalam sabda Nabi Muhammad SAW: 

Salat lima waktu, Jumat ke Jumat dan Ramadhan ke Ramadan menghapuskan dosa-dosa di antara masa-masa itu selama dosa-dosa besar dijauhi.” (HR. Muslim)

Namun, perlu dicatat bahwa Allah SWT akan mengampuni dosa kita jika memenuhi 4 syarat seperti yang disepakati oleh para ulama yaitu, berhenti melakukan perbuatan dosa tersebut, menyesal karena telah melakukan perbuatan dosa tersebut baik melalui lisan dan hati, mengakui perbuatan dosa tersebut dan tidak akan melakukannya kembali serta berbuat kebaikan.

Pahala yang berlipatganda

Allah melipatgandakan pahala atas segala kebaikan yang dilakukan di Bulan Ramadan seperti yang disebutkan dalam hadits Nabi Muhammad SAW: 

“Barang siapa yang pada bulan itu mendekatkan diri kepada Allah dengan suatu kebaikan, nilainya seperti orang yang melakukan perbuatan yang diwajibkan pada bulan lainnya. Dan, barang siapa yang melakukan suatu kewajiban pada bulan itu, nilainya sama dengan 70 kali lipat dari kewajiban yang dilakukannya pada bulan lainnya. Keutamaan sedekah adalah sedekah pada bulan Ramadan.” (HR. Bukhari-Muslim).”

Namun, hal ini pun berlaku bagi perbuatan dosa, bagi umat Islam yang melakukan perbuatan dosa di Bulan Ramadan, dosanya pun berlipatganda juga. 

Dibukanya pintu surga dan ditutupnya pintu neraka

Rasulullah SAW bersabda “Ketika masuk bulan Ramadhan maka syaitan-syaitan dibelenggu, pintu-pintu surga dibuka, dan pintu-pintu neraka ditutup” (HR Bukhari dan Muslim).

Maksud dari hadits Rasullah SAW adalah pintu surga dibuka seluas-luasnya oleh Allah SWT karena umat Islam diberikan kesempatan untuk meningkatkan ibadahnya selama di Bulan Ramadan dengan pahala yang berlipat ganda seperti yang disebutkan di atas. 

Pintu neraka ditutup saat Bulan Ramadan adalah sedikitnya kesempatan bagi umat manusia untuk melakukan perbuatan dosa karena banyaknya ibadah dan perbuatan baik yang dapat dilakukan oleh umat Islam di Bulan Ramadan dan di Bulan Ramadan Allah SWT juga mengampuni dosa-dosa umatNya

Doa yang Mustajab di Bulan Ramadan

Disebutkan dalam hadits Rasulullah SAW bahwa “Ada tiga golongan yang doa mereka tidak ditolak: orang yang berpuasa hingga ia berbuka, pemimpin yang adil dan doa orang yang dizalimi.” (HR. Tirmidzi).

Mustajab sendiri memiliki arti dijawab, maka pengertian dari doa yang mustajab adalah doa-doa kita yang dijawab dan dikabulkan oleh Allah dan bagi orang yang berpuasa di Bulan Ramadan dan berdoa, insya Allah doa-doanya akan dikabulkan oleh Allah SWT.

Rukun Islam yang ke-3

Melaksanakan puasa di Bulan Ramadan merupakan bentuk ibadah kita yang disebutkan dalam rukun Islam yang ke-3. Selain dilipatgandakannya segala amalan baik kita di bulan ini, ternyata berpuasa di Bulan Ramadan selama 1 bulan penuh dinilai pahalanya seperti amalan puasa selama 10 bulan. 

Siapa yang berpuasa pada bulan Ramadhan, maka satu bulan sama seperti sepuluh bulan. Dan siapa yang berpuasa setelah itu, berpuasa selama enam hari sesudah Id (Syawal), hal itu sama nilainya dengan puasa sempurna satu tahun.” (HR. Ahmad).

Turunnya Al Qur’an

Salah satu tanda kemuliaan Bulan Ramadan adalah Al Qur’an diturunkan di Bulan Ramadan, tepatnya di tanggal 17 Ramadan. 

Allah SWT berfirman,”Bulan Ramadhan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan Alquran, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan petunjuk tersebut dan pembeda (antara yang benar dan yang batil)“. (QS. Al-Baqarah: 185).

Malam Lailatul Qadar

Malam yang sangat dinantikan oleh  Umat Islam adalah Malam Lailatul Qadar yang hanya ada di Bulan Ramadan. Malam Lailatul Qadar disebut sebagai malam yang keutamaannya lebih baik dari seribu bulan. 

Malam Lailatul Qadar adalah malam yang sangat penting karena di malam inilah Malaikat Jibril menampakkan dirinya di hadapan Nabi Muhammad SAW saat menyampaikan wahyu untuk Iqra saat di Gua Hira. 

Selain itu, malam Lailatul Qadar juga adalah malam dimana para Malaikat turun ke bumi untuk memberikan keberkahan bagi para umat Islam. 

“Sesungguhnya Kami menurunkannya (Al Quran) pada malam lailatul qadar. Tahukah kamu, apakah malam qadar itu? Malam qadar adalah lebih baik daripada seribu bulan. Pada malam itu, turunlah malaikat-malaikat dan Jibril dengan izin Tuhan mereka, (membawa segala urusan), (seluruh malam itu) sejahtera sampai terbit fajar.” (QS: Al Qadr 97: 1-5).

Tidak ada yang tahu kapan tepatnya Malam Lailatul Qadar datang, namun Malam Lailatul Qadar ada di malam ganjil saat 10 hari terakhir Ramadan seperti yang disampaikan di hadits “Carilah malam Lailatul Qadar di malam ganjil dari sepuluh terakhir Ramadhan.” (HR Al-Bukhari). 

Merayakan Kemuliaan Bulan Ramadan dengan Festival Ramadan 1442 H

Alhamdulillah di Bulan Ramadan 1441 H kali ini YBKB kali ini dapat mengadakan kembali Festival Ramadan dengan tetap menjalankan protokol kesehatan dalam pelaksanaannya di tengah masa pandemi Covid-19. 

Berikut rangkuman berbagai kegiatan Festival Ramadan 1441  H yang telah berjalan dengan lancar dan baik di Bulan Mei, termasuk kegiatan utama Lomba Pemilihan Dai Cilik (Pildacil). 

Pemilihan Dai Cilik (Pildacil)

Pildacil di Festival Ramadan dilaksanakan pada pada Hari Sabtu, 8  Mei 2021 berlokasi di SMKN 57 Jakarta secara offline dan online bagi peserta Pildacil yang berasal dari luar Jakarta. Untuk peserta Pildacil sendiri berasal dari Jakarta, Bogor dan Jambi. 

Berikut rincian pemenang Pildacil di Festival Ramadan 1442 H:

  • Juara 1 : Siti Nurkhalifah & Siti Muzdalifah
  • Juara 2 : Bilqishi Nafizah 
  • Juara 3 : Amel Engela 

Semoga dengan terselenggaranya lomba Pildacil di Festival Ramadan 1442 H ini akan melahirkan generasi-generasi yang kuat dalam agama dan aqidah sebagai ikhtiar kita untuk menyikapi peringatan Allah SWT pada surat Annisa ayat 9 yang berbunyi: 

“Dan hendaklah takut kepada Allah orang-orang yang seandainya meninggalkan di belakang mereka anak-anak yang lemah, yang mereka khawatir terhadap (kesejahteraan) mereka. Oleh sebab itu hendaklah mereka bertakwa kepada Allah dan hendaklah mereka mengucapkan perkataan yang benar.” 

Pembagian Tunjangan Hari Raya (THR)

Selain Lomba Pildacil, di tanggal yang sama juga dilakukan kegiatan Pembagian Tunjangan Hari Raya bagi 200 anak Yatim dan Dhuafa. 

Guna mematuhi protokol kesehatan perihal himbauan menghindari kerumunan, pada pelaksanaan pembagian THR di Festiival Ramadan 1442 H hanya mengundang 100 anak Yatim dan Dhuafa untuk dapat datang secara langsung ke SMKN 57 Jakarta. Panitia pun mengantarkan langsung ke rumah anak-anak Yatim dan Dhuafa yang tidak diundang ke lokasi acara. 

Buka Bersama Anak Yatim

Selama Bulan Ramadan 1442 H, YBKB mengadakan buka bersama dengan 50 anak Yatim di sekretariat setiap harinya dalam 30 hari. Untuk pelaksanaan buka bersama anak yatim ini tetap mematuhi protokol kesehatan dan jumlah anak yang hadir  dalam buka bersama adalah 15 anak. Panitia mengantarkan makanan untuk ke 35 anak yang tidak hadir ke rumah mereka masing-masing. 

Alhamdulillah panitia dapat menyalurkan 1.500 porsi makanan kepada anak-anak Yatim dan Dhuafa binaan YBKB selama Bulan Ramadan 1442 H. 

Pembagian Iftar di Hari Jumat

Sedekah Nasi Jumat selama Bulan Ramadan dialihkan menjadi pembagian Iftar di Hari Jumat dengan total ada 50 nasi kotak yang dibagikan setiap harinya. Alhamdulillah  atas izin Allah SWT dan uluran tangan dari para donatur, YBKB dapat menyalurkan iftar untuk 200 orang selama Bulan Ramadan.

Untuk pembagiannya, panitia berkeliling membagikan nasi kotak kepada pengemudi ojek online (ojol). pengemis, tukang parkir di sekiitar sekretariat YBKB dan juga kepada masyarakat umum yang membutuhkan. 

Selama Bulan Ramadan ini, pembagian iftar di Hari Jumat sebagian berasal dari fidyah yang dipercayakan oleh sahabat-sahabat yang tidak dapat menjalankan puasa karena sedang hamil atau menyusui, orang yang sedang sakit parah dan orang tua yang sudah renta.YBKB turut berikhtiar membuka penunaian fidyah berdasarkan perintah Allah SWT dalam firmanNya yang berbunyi :

“Dan wajib bagi orang-orang yang berat menjalankannya (jika mereka tidak berpuasa) membayar fidyah, (yaitu): memberi makan seorang miskin.” (QS. Al-Baqarah: 184)” 

Khatam Qur’an Setiap Pekan

Bulan Ramadan merupakan bulan turunnya Al Qur’an dan hal inilah yang menjadikan Khatam Qur’an Setiap Pekan menjadi salah satu nkegiatan yang dilaksanakan di Festival Ramadan 1442 H. 

Pelaksanaannya dilaksanakan di sekretariat YBKB dan untuk peserta khatam Qur’an sebanyak 15 anak setiap harinya  dan panitia. Alhamdulillah selama Bulan Ramadan ini dapat mengkhatamkan Al Qur’an sebanyak 200 kali dalam 1 bulan penuh. Alhamdulillahirabbil’alaamiin

Penyaluran Zakat Fitrah

Alhamdulillah pelaksanaan penyaluran Zakat Fitrah tahun ini dapat berjalan dengan lancar di tanggal 11 Mei 2021 di Sekretariat YBKB dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. 

Penyaluran Zakat Fitrah diberikan kepada total 100 Lansia Dhuafa yang ada di sekitar Sekretariat YBKB dengan harapan dengan pemberian Zakat Fitrah ini dapat sedikit memenuhi kebutuhan para lansia dhuafa. 

Penyaluran Zakat Fitrah menjadi penutup dalam rangkaian Festival Ramadan 1442 H. Alhamdulillahirabbil‘alamin..

Terima kasih kepada para sahabat dan saudara Dermawan yang telah mempercayakan YBKB untuk menyalurkan sedekah, zakat fitrah dan fidyah. Bismillah segala kebaikan dan keikhlasan para Dermawan akan mendapatkan balasan pahala yang berlipat ganda dari Allah SWT  dan dapat membuat kita semakin dekat kepada-Nya dan menjadi umat-umatNya yang mendapatkan ridho dan rahmat-Nya.. 

Aamiin Yaa Rabbal’aalamiin

 

sumber: fajar.co.id, liputan6.com, tirto.id, suara.com


  Kembali