Air merupakan sumber kehidupan yang penting sekali bagi makhluk hidup di dunia. Namun, saat ini terjadi krisis air di seluruh dunia. Ada sekitar 785 juta orang di dunia yang tidak memiliki akses untuk mendapatkan air bersih dan ada 1 juta orang meninggal karenanya. 

Sebagai bentuk perwujudan Sustainable Development Goals (SDGs) yang dicanangkan oleh PBB dalam penyediaan air bersih dan sanitasi yang baik, YBKB menginisiasi program wakaf sumur di Dusun Gebang, Kulon Progo, Yogyakarta. 

Sebelumnya warga Dusun Gebang harus berjalan sejauh 5  km setiap harinya untuk mendapatkan air bersih. Kondisi jalan yang terjal, membuat penduduk semakin kesulitan dalam mendapatkan air bersih. Ditambah lagi saat musim kemarau tiba, sumber air bersih semakin berkurang karena mata air yang tidak bisa menghasilkan air sebanyak saat di musim penghujan. 

Wakaf Sumur

Hal inilah yang membuat YBKB tergerak untuk menginisiasi pengadaan sumber air bersih di Dusun Gebang. Dengan harapan dengan sumber air yang lebih mudah dicapai, kualitas hidup warga Dusun Gebang dapat menjadi lebih baik. 

Wakaf Sumur dalam bentuk pengadaan sumber air bersih sebelumnya direncanakan selesai di Hari Senin, 28 Juni 2021. Namun ternyata Allah memiliki kehendak lain sehingga proses wakaf sumur harus diundur dan tidak dapat selesai di waktu yang telah direncanakan. 

Alhamdulillah atas izin Allah dan bantuan melalui tangan-tangan para sahabat dermawan, wakaf sumur di Dusun Gebang dapat terselesaikan dan telah disalurkan ke para penduduk di Dusun Gebang. 

Proses Pengerjaan Wakaf Sumur

Alhamdulillah dengan izin Allah SWT pembuatan sumur air di Dusun Gebang sedalam 125 meter dapat diselesaikan dalam 35 hari. Proses pengerjaannya sendiri  dimulai dengan mencari lokasi yang akan dijadikan sumur. Pencarian lokasi penggalian sumur ini pun beberapa kali harus berpindah lokasi dikarenakan ada wilayah yang tidak memiliki sumber airnya atau daerah yang berbatu. 

Setelah menemukan lokasi yang seusai, akhirnya dilakukan pengeboran sumur. Terdapat beberapa kendala saat melakukan pengeboran, seperti dinding pengeboran yang longsor, mata bor yang patah saat bertemu bebatuan dalam proses pengeboran dan pengangkatan bebatuan dari lubang pengeboran yang membutuhkan waktu lebih lama.

Selain faktor yang disebutkan di atas, proses pengerjaan sumur ini juga menemui beberapa hambatan lain yang membuat pengerjaannya sempat tertunda. Peningkatan jumlah penduduk di Indonesia yang terpapar Covid-19 juga membuat pembuatan sumur ini terhenti sementara. 

Faktor kekurangan dana untuk pelaksanaannya juga sempat membuat program wakaf sumur ini berhenti, namun, Alhamdulillah atas izin Allah dan uluran tangan dari para sahabat dermawan, YBKB dapat kembali mengerjakan wakaf sumur ini. Insya Allah wakaf sumur ini dapat membantu orang-orang di Dusun Gebang dan pahalanya akan terus mengalir bagi kita semua. Aamiin ya rabbal’alamiin. 

Setelah pengeboran, prosesnya dilanjutkan dengan pembuatan 2 bak penampungan yang masing-masingnya mampu menampung air sebanyak 900 L. Untuk kemudian dialirkan ke rumah-rumah penduduk di Dusun Gebang dengan pipanisasi.

Alhamdulillah saat ini sumur air yang kita upayakan dan doakan bersama telah disalurkan ke rumah-rumah penduduk di Dusun Gebang dengan jumlah total 100 KK. Sekarang penduduk tidak lagi harus menempuh jarak yang jauh dan terjal hanya untuk mendapatkan sumber air bersih. Alhamdulillaahirabbil’aalamiin.

Ikrar Wakaf Air Bersih

Alhamdulillaahirabbil’aalamiin atas doa-doa dan uluran tangan dari para sahabat dermawan, YBKB dapat menyelesaikan wakaf sumur di Dusun Gebang dan melaksanakan Ikrar Wakaf di tanggal 24 Juli 2021. 

Ikrar Wakaf sumur merupakan bentuk peresmian sumber air bersih di Dusun Gebang dan dapat segera disalurkan ke rumah-rumah penduduk  di Dusun Gebang. 

Dengan tetap melaksanakan Protokol Kesehatan guna mencegah penyebaran virus Covid-19, acara Ikrar Wakaf hanya dihadiri oleh perwakilan dari YBKB, Pak Panji Firdaus selaku Pembina YBKB dan beberapa tokoh masyarakat di Dusun Gebang saja.

Sambutan 

Alhamdulillah proses Ikrar Wakaf berjalan dengan lancar dan cepat. Acara Ikrar Wakaf dimulai dengan sambutan oleh beberapa perwakilan, seperti:

  1. Pak Panji Firdaus sebagai perwakilan dari YBKB.
  2. Pak Rubidi selaku Ketua RW mewakili Padukuhan Gebang.
  3. Pak Karsidi sebagai perwakilan tokoh masyarakat, dan
  4. Pak Bayu sebagai Perwakilan CSR dari Indosurya

Penyerahan Paket Sembako

Acara kemudian dilanjutkan dengan pemberian Simbolis Paket Sembako kepada 3 orang penduduk di Dusun Gebang dan selebihnya diantarkan ke rumah penduduk sebagai bentuk bantuan dengan harapan dapat meringankan sedikit beban mereka di masa pandemi ini. 

Peresmian Wakaf Sumur Air Bersih

Kemudian acara berikutnya adalah Peresmian Wakaf Sumur Air Bersih oleh Pak Panji Firdaus dengan pemotongan pita dan tumpeng sebagai simbolis dan dilanjutkan dengan menyaksikan air yang keluar dari sumur.

Doa Bersama

Rangkaian acara Ikrar Wakaf ditutup dengan pembacaan doa. Harapannya agar wakaf sumur ini dapat terus mengalirkan air untuk memenuhi kebutuhan para penduduk di Dusun Gebang dan agar pandemi Covid-19 dapat segera berakhir. 

Semoga saudara-saudara kita yang sedang berjuang melawan Covid-19 dapat segera pulih dan berkumpul dengan keluarga dan bagi saudara-saudara kita yang harus kehilangan keluarga karena Covid-19 dapat kembali bangkit dan melanjutkan hidup. 

Kami keluarga besar YBKB dan warga Dusun Gebang, Kulon Progo, Yogyakarta mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya atas kepedulian sahabat-sahabat dermawan. Berkat kemurahan hati para dermawan, tidak ada lagi warga yang harus berjuang menempuh jalan yang panjang dan terjal hanya untuk mendapatkan sumber air bersih. Tidak ada lagi anak-anak yang harus merelakan ibu atau ayah mereka pergi meninggalkan mereka untuk memenuhi kebutuhan air bersih di rumah mereka. 

Insya Allah apa yang sudah diberikan oleh para dermawan akan memberikan banyak manfaat bagi para penduduk di Dusun Gebang dan pahalanya akan terus mengalir menjadi sedekah jariyah sebagaimana sumur Utsman yang pahalanya masih terus mengalir hingga ratusan tahun kemudian. Aamin ya rabbal’alamiin.

Seperti sabda Rasulullah SAW “Apabila seseorang meninggal dunia, maka terputuslah semua amalnya kecuali tiga macam, yaitu sedekah jariyah, ilmu yang dapat diambill manfaatnya, atau anak saleh yang mau mendoakannya.” HR. Muslim.

Semoga Allah memberikan limpahan ridho dan berkah-Nya untuk kita semua sehingga hidup kita akan terasa lebih tenang. Semoga Allah segera mengangkat virus Covid-19 sehingga pandemi ini segera berakhir. Aamin ya rabbal’alamiin.

 


  Kembali