PERESMIAN SANITASI AIR BERSIH

SINERGI YAYASAN BANGUN KECERDASAN BANGSA 

DENGAN BAMUIS BNI DAN BAZNAS RI

 

Pada hari Kamis, 24 Maret 2022 telah terlaksana kegiatan Peresmian Sarana Air Bersih di Desa Pantai Sederhana, RW005/003, kecamatan Muara Gembong, kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Kegiatan peresmian ini merupakan salah satu dari rangkaian program Pengadaan Sarana Air Bersih yang dilaksanakan oleh Yayasan Bangun Kecerdasan Bangsa (YBKB), kali ini bekerja sama dengan UPZ BAZNAS BNI, BAMUIS BNI dan BAZNAS RI. 

 

AKSI NYATA YBKB MENDUKUNG SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALS

Program ini diadakan sebagai wujud YBKB mendukung terlaksananya SDGs (Sustainable Development Goals) no 6 yaitu Akses Air Bersih dan Sanitasi yang layak bagi semua masyarakat di seluruh Indonesia. Sebelumnya, YBKB telah menginisiasi tersedianya sarana air bersih di area Sukabumi dan Kulonprogo, Yogyakarta. Desa Pantai Sederhana, Muara Gembong merupakan salah satu area dari rangkaian program tersebut. Di desa ini, sangat sulit untuk mendapatkan akses air bersih. Hampir setiap hari warga harus menggunakan air yang asin dan sangat tidak layak untuk kebutuhan sehari-hari. 

Sebenarnya, proses pembangunan sarana air bersih ini direncanakan untuk dimulai pengerjaannya pada akhir November 2021 lalu, seperti yang telah diberitakan. Namun, pembangunan sumur bor sebagai Sarana Air Bersih ini baru dapat dimulai pada 24 Desember 2021. Kondisi banjir rob yang beberapa kali menerpa Desa Pantai Sederhana merupakan salah satu sebab proses pengerjaan pembangunan sarana air bersih terhambat dan mengalami penundaan.

TANTANGAN DALAM MEWUJUDKAN SARANA AIR BERSIH BAGI WARGA MUARA GEMBONG

Pengerjaan dimulai melalui pencarian sumber air tanah dengan kedalaman lebih dari 100 meter, namun sempat mengalami berbagai kendala. Cuaca yang tidak menentu membuat pengerjaan pembangunan sumur bor mengalami penundaan. Angin kuat yang sering menerpa mengakibatkan bahan bangunan seperti pasir menjadi terbawa oleh kuatnya angin. 

Menjelang pergantian tahun, Desa Pantai Sederhana kembali dilanda banjir rob yang menyebabkan pembangunan sarana air bersih tidak dapat dilanjutkan. Desa Pantai Sederhana memang rentan dilanda banjir rob, namun permukaan air dari banjir rob kali ini memang lebih tinggi dibandingkan banjir sebelumnya. Selain permukaan air yang tinggi, banjir rob pada pergantian tahun 2021 menuju 2022 ini tergolong cukup lama turun sehingga menyulitkan para pekerja yang membangun sarana air bersih.

Kondisi ini menyebabkan pembangunan yang sudah berlangsung harus dihentikan, bahkan dimulai kembali dari awal karena titik lokasi pembangunan terendam oleh banjir rob. Sulitnya akses menuju lokasi pembangunan juga membuat distribusi peralatan sangat tergantung pada surut tidaknya banjir rob. Desa Pantai Sederhana memang hanya bisa ditempuh melalui perahu sampan dan tidak memungkinkan untuk melalui jembatan atau akses lain. Walau mendapatkan berbagai tantangan, YBKB tetap berkomitmen untuk mewujudkan akses air bersih dan sanitasi bagi warga Desa Pantai Sederhana, Muara Gembong.  

Setelah melewati berbagai proses untuk mengatasi kendala, pengerjaan sarana air bersih berupa sumur bor dapat rampung pada bulan Maret 2022. Prosesi Serah Terima kepada warga telah dilaksanakan pada tanggal 24 Maret 2022 pukul 10.00-12.00 WIB, berdekatan dengan peringatan Hari Air Sedunia yang jatuh setiap tanggal 22 Maret. Selaras dengan tema Hari Air Sedunia tahun ini, yaitu air tanah, YBKB konsisten membantu masyarakat untuk mendapatkan air tanah yang bersih dan layak digunakan untuk aktivitas sehari-hari. 

Pada prosesi Serah Terima ini hadir perwakilan dari UPZ BAZNAS BNI yaitu Bapak Ilmy Antariksa, serta Bapak Bachfuandy dan Bapak Mamat Kusmar dari BAMUIS BNI. Di tengah hari yang cerah, dilaksanakan sesi pengguntingan pita bersama sebagai simbol bahwa sarana air bersih sudah dapat digunakan oleh warga Desa Pantai Sederhana. Perwakilan warga Desa Pantai Sederhana, menyatakan senang sekali saat melihat air bersih mengalir melalui keran yang tersedia. “Air yg dulu, asin, merah, kalo untuk nyuci baju warna baju nya berubah, untuk mandi lengket. Alhamdulillah sekarang air nya udah enak, bisa untuk masak juga”, ujar ibu Cucu.

Sementara Ketua RW 05, Bapak Suparto, menyampaikan terima kasih pada UPZ BNI, BAMUIS BNI, BAZNAZ RI, dan YBKB karena mau membangun fasilitas air bersih untuk warganya. Warga Desa Pantai Sederhana sangat senang dan terbantu dengan adanya fasilitas air bersih ini. Beliau juga berharap desanya dapat mengembangkan potensi-potensi yg ada di Muara Gembong, seperti potensi pariwisata pesisir. 

Pada kesempatan kali ini juga, untuk membantu meringankan beban warga sekitar telah dilaksanakan pembagian 100 Paket Sembako bagi warga Desa Pantai Sederhana, Muara Gembong. Diharapkan, adanya paket sembako ini bisa membantu memenuhi kebutuhan masyarakat.  Semoga dengan terpenuhinya kebutuhan dasar seperti air bersih dan sembako, kesejahteraan masyarakat dapat terwujud.


  Kembali