Selama 3 bulan terakhir, YBKB melaksanakan salah satu program unggulannya yaitu Mandirikan Yatim (MY YBKB), dimana pesertanya berasal dari lingkungan sekitar sekretariat Yayasan, yaitu Kelurahan Gedong, Jakarta Timur.

Diantara peserta, muncul seorang anak yang selalu menunjukkan semangat dan antusias. Dia adalah anak yang kritis, memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, serta berani mencoba berbagai hal baru.

Nama lengkapnya Ita Remos Damayanti, Sejak Ayahnya meninggal tiga tahun yang lalu (2016), Siswa kelas 12 SMK Pertiwi jurusan Administrasi Perkantoran ini tinggal bersama Ibu dan ke-2 adiknya di sebuah Kamar kontrakan berukuran 4×4 meter di RW 4 Kampung Tengah, Kelurahan Tengah, Kramat Jati .

Lingkungan tempat tinggal Ita berada di tengah pasar, sehingga terlihat kumuh dengan berbagai tipe sampah bertebaran hampir di seluruh gang.

Yayasan Bangun Kecerdasan Bangsa tergerak untuk membantu Ita dan masyarakat RW 4 untuk memperbaiki lingkungan mereka menanggulangi masalah sampah dengan mengusung konsep Bank Sampah.

Tidak hanya dengan memperbaiki kondisi lingkungan secara fisik, tetapi juga melakukan pembinaan agar warga bisa meningkatkan taraf hidup mereka.

Yang akan dilakukan diantaranya adalah:

1. Pembuatan Bank Sampah

2. Pelatihan Pembuatan Ecobric

3. Perubahan Lingkungan:
a). Pembuatan gapura Ecobric
b). Pengecatan lingkungan (Mural)
c). Penghijauan lingkungan (Vertical Garden)

Adapun pelaksanaannya dengan pembagian aktivitas sebagai berikut:
-Pembuatan Mural
-Membersihkan Selokan
-Membuat Vertical Garden
-Membuat Gapura Ecobrick
-Mengumpulkan Sampah Plastik
-Meresmikan Bank Sampah

Kami mengajak Sahabat-Sahabat YBKB untuk turut serta mendukung dan berkontribusi melalui donasi untuk kegiatan ini yang Insya Allah akan membawa manfaat berupa perubahan terhadap lingkungan tempat tinggal Ita dan warga RW 4 Kelurahan Tengah, Kramat Jati.

Semoga segala amal kebaikan kita diterima Allah SWT untuk bekal kita di akhirat kelak. Aamiin Ya Robbal’aalamiin

BERDONASI


  Kembali