YBKB Kembali Dinyatakan Lulus Surveillance Audit ISO 9001:2015

2 Agustus 2024|Berita Terbaru|Bagikan :

Sejak tanggal 27 April 2020, Yayasan Bangun Kecerdasan Bangsa (YBKB) telah memiliki Sertifikasi ISO 9001:2015. Sertifikasi ini merupakan salah satu standar Sistem Manajemen Mutu dalam bidang operasional yang diakui secara internasional. 

ISO 9001:2015 merupakan standar manajemen mutu yang dikeluarkan oleh International Organization for Standardization dikenal juga dengan ISO yang berisi berbagai persyaratan yang harus dipenuhi oleh sebuah organisasi dalam membentuk quality management system. 

Pada tanggal 30 Juli 2024 lalu, YBKB secara resmi telah lulus Surveillance Audit ISO 9001: 2015 mengenai Sistem Manajemen Mutu.

Surveillance Audit ini merupakan audit pemantauan yang wajib dilakukan oleh lembaga sertifikasi independen terhadap instansi yang telah bersertifikat ISO untuk memastikan bahwa mutu pelayanan YBKB tetap berjalan sesuai standar. Sejak tahun 2021 hingga 2024, secara konsisten setiap tahunnya YBKB telah lulus Surveillance Audit. 

Sertifikasi ISO ini merupakan wujud komitmen YBKB untuk menjadi lembaga yang lebih amanah dan kredibel dalam memberikan pelayanan publik yang lebih baik dan semakin baik. Dengan standar bertaraf internasional, YBKB memiliki komitmen penuh dalam menciptakan program-program berkualitas tinggi dan memiliki dampak luas. 

Terdapat tujuh prinsip utama manajemen mutu berdasarkan perspektif ISO 9001:2015 yaitu:

  1. Customer Focus (Fokus pada Pelanggan)
  2. Leadership (Kepemimpinan)
  3. Engagement of People (Keterlibatan Sumber Daya Manusia)
  4. Process Approach (Pendekatan Proses)
  5. Improvement (Peningkatan secara Berkelanjutan)
  6. Evidence-Based Decision Making (Pengambilan Keputusan berdasarkan Data dan Fakta)
  7. Relationship Management (Manajemen Hubungan dengan Stakeholder)

Apa saja yang dibutuhkan dalam sertifikasi ISO 9001:2015? ISO 9001:2015 memerlukan persyaratan dalam beberapa hal yang harus diketahui dan dipenuhi oleh organisasi yang ingin mencapai sertifikasi. Dalam ISO terdapat istilah klausul berisikan aturan-aturan yang menjadi acuan dalam melakukan sertifikasi. Berdasarkan panduan ISO 9001:2015 ada 10 klausul yang perlu dipahami dan diterapkan, antara lain:

  1. Scope (Ruang Lingkup)
  2. Normative Reference (Acuan Normatif) 
  3. Terms and References (Istilah dan Definisi)
  4. Context of Organization (Konteks Organisasi)
  5. Leadership (Kepemimpinan)
  6. Planning (Perencanaan)
  7. Support (Dukungan)
  8. Operation (Operasional)
  9. Performance Evaluation (Evaluasi Kinerja)
  10. Improvement (Peningkatan Performa)

Pada akhir sesi Surveillance Audit yang diadakan 30 Juli 2024 lalu, YBKB dinyatakan telah memenuhi standar 10 klausul dan 7 prinsip tersebut.

Terima kasih atas seluruh kepercayaan Sahabat Cerdas dalam mendukung performa YBKB hingga bisa tetap menjaga kualitas mutu yang berstandar internasional. YBKB akan terus menyempurnakan diri untuk memberikan pelayanan terbaik bagi bangsa Indonesia.

Mari bersama-sama mewujudkan Indonesia Emas 2045!