Baru-baru ini seorang donatur menghubungi YBKB dengan maksud mengonfirmasi ke YBKB perihal berita yang ia dapatkan saat melakukan penelusuran di mesin pencari Google dengan kata kunci YBKB dan menemukan salah satu website yang bertajuk Penipuan YBKB, berdasarkan laporan dari donatur tersebut kami segera melakukan pemeriksaan ke situs yang memiliki alamat di reportpenipuan.com, setelah kami membuka website tersebut kami menemukan bahwa website tersebut merupakan sebuah website yang berisi Auto-generated Content.

Cici-ciri website dengan auto-generated content: Redaksi yang aneh serta kalimat yang tidak berkaitan satu dengan yang lainnya dikarenakan konten ini tidak dibuat oleh manusia melainkan oleh sebuah algoritma tertentu. Sangat memungkinkan nama bisnis/instansi anda juga dicatut oleh website berjenis ini.

 

Website Auto-generated Content adalah sebuah website yang berisi postingan yang dihasilkan secara otomatis oleh sebuah algoritma pemrograman berupa judul, gambar serta kalimat-kalimat acak yang membentuk sebuah paragraf tertentu, judul dan gambar ini kerap kali yang mengandung tautan ke situs luar website tersebut kemudian dilemparkan lagi ke website lain yang bersifat berisi promosi dari produk tertentu (tautan bersponsor).

Alih-alih ingin membantu masyarakat terhindar dari penipuan, website ini malah ingin mencari keuntungan dengan mencatut nama YBKB sebagai keyword untuk memancing jumlah pengunjung.

Dari hasil penelusuran diatas dapat disimpulkan bahwa website ini berkategori SCAM dimana pemilik website tersebut melakukan praktek ilegal yang disebut PHISING.

Phising adalah sebuah teknik untuk mengelabui pengguna internet dengan mencatut nama sebuah institusi sebagai kata kunci pencarian serta mengambil keuntungan dari tautan yang mengandung iklan bahkan website ini tidak meiliki informasi yang jelas pada semua halamannya, halaman tersebut hanya mengandung tautan yang melempar pengunjung ke situs lain yang mengandung konten promosi.

Cara Mengenali Website SCAM (Palsu)

Untungnya, ada beberapa cara sederhana untuk melindungi diri Anda dari situs web penipuan untuk memastikan keluarga anda tetap aman saat berselancar di World Wide Web.

Dengan mengikuti tips di bawah ini, anda dapat lebih melindungi dari ancaman diatas:

  1. Bahasa emosional: Apakah situs web berbicara dengan cara yang dapat meningkatkan emosi Anda? Lanjutkan dengan hati-hati jika Anda merasakan peningkatan urgensi, optimisme, atau ketakutan.
  2. Kualitas desain yang buruk: Mungkin terdengar agak jelas, tetapi perhatikan baik-baik bagaimana sebuah situs dirancang. Apakah itu memiliki jenis keterampilan desain dan kualitas visual yang Anda harapkan dari situs web yang sah? Gambar beresolusi rendah dan tata letak yang aneh bisa menjadi tanda peringatan penipuan.
  3. Tata bahasa ganjil: Carilah hal-hal seperti kesalahan ejaan, bahasa Inggris rusak atau kaku, atau kesalahan tata bahasa yang sangat jelas, seperti penggunaan kata jamak dan tunggal yang salah.
  4. Tidak adanya halaman web yang mengidentifikasi: Selain itu, situs web bisnis yang tepat harus memiliki halaman dasar, seperti halaman “Hubungi Kami” dan halaman “Tentang Kami“. Jika Anda tidak yakin, hubungi bisnis tersebut. Jika nomor tersebut adalah ponsel atau panggilan tidak dijawab, berhati-hatilah. Jika sebuah website tampaknya ingin menghindari kontak verbal, mungkin saja ada maksud yang mengarah kepada penipuan.

Kami menghimbau kepada pembaca untuk mencari informasi tentang YBKB hanya di website resmi YBKB di https://ybkb.or.id, serta jika anda menemukan website lain yang memiliki informasi mencurigakan anda dapat melaporkannya ke Google melalui tautan ini :


  Kembali