Tidak terasa kita sudah memasuki Bulan Muharram di tahun 1443 H. Lembaran baru akan dimulai dan semoga di tahun baru ini kita dapat meningkatkan amal ibadah dan dapat semakin mendekatkan diri kepada Sang Pencipta. 

Bulan Muharram kerap diidentikkan dengan Idul Yatama atau Lebaran Anak Yatim dimana menjadi suatu momen untuk berbagi atau menyantuni anak yatim. 

Meskipun beberapa ulama menyebutkan jika hadits tentang menyantuni anak yatim di Bulan Muharram adalah lemah. Namun, hal tersebut bukan berarti menyantuni anak yatim di Bulan Muharram menjadi tidak boleh untuk dilakukan. 

Menyantuni anak yatim boleh dilakukan di Bulan Muharram dan hendaknya terus dilanjutkan di bulan-bulan berikutnya karena kita wajib memelihara dan mengasihi anak yatim di dalam Islam.  

Tahukah Sahabat Dermawan mengapa kita harus memelihara dan mengasihi anak yatim? 

Karena anak yatim tidak lagi memiliki penyokong di dalam keluarga setelah ditinggalkan oleh ayahnya sebagai tulang punggung keluarga. Selain kehilangan ayah sebagai tulang punggung keluarga, para anak yatim juga kehilangan sosok ayah yang berdampak bagi tumbuh kembang dan psikologis sang anak. 

Para anak-anak yatim memiliki hak untuk diberikan perhatian dan kasih seperti:

  1. Perlakukan anak-anak yatim dengan baik

Para  anak-anak yatim perlu diperlakukan dengan baik dan tidak dibeda-bedakan dengan anak lainnya. 

Hal ini seperti yang disebutkan dalam Surat Ad Dhuha ayat 9-10: 

“Maka terhadap  anak yatim janganlah engkau berlaku sewenang-wenang. Dan terhadap orang yang meminta-minta, janganlah engkau menghardiknya.”

  1. Diberikan kecukupan dalam makan dan kebutuhan lainnya. 

Nabi SAW bersabda “Barangsiapa yang memberi makan dan minum individu seorang anak yatim piatu di antara kaum muslimin, maka Allah akan memasukkannya ke dalam surga, kecuali di melakukan satu dosa yang tidak diampuni.” (HR. Tirmidzi dari Ibnu Abbas).

  1. Mendapatkan keamanan dan perlindungan

Allah memerintahkan manusia beriman untuk memberikan keamanan dan perlindungan pada anak yatim seperti yang ada di dalam firmanNya di Surat Ad Dhuha  ayat 6 “Bukankah Dia mendapatimu sebagai seorang yatim, lalu Dia melindungimu.”

  1. Mendapatkan pendidikan

Salah satu kunci untuk meningkatkan taraf kehidupan manusia adalah dengan pendidikan. Anak-anak yatim pun berhak untuk mendapatkan pendidikan dan juga apresiasi atas kemampuan mereka. 

Maka, sudah sepatutnya kita membantu para anak-anak yatim untuk dapat mengenyam bangku pendidikan agar mereka  dapat menjadi pribadi yang kelak dapat mandiri dan sukses serta bermanfaat bagi sekitarnya. 

YBKB Got Talent 

Dalam rangka merayakan Tahun Baru Islam 1443 H dan sebagai bentuk apresiasi pada anak-anak yatim, bidang YBKB for Humanity (YOU) berinisiatif menyelenggarakan rangkaian YBKB Got Talent 3 dengan tema “Meraih Bintang Menebar Manfaat”. 

Melanjutkan kesuksesan YBKB Got Talent 1 dan 2, tahun ini YBKB kembali mengadakan acara pencarian bakat bagi para anak yatim, piatu, yatim piatu atau dhuafa. Kegiatan ini diharapkan dapat menebarkan manfaat bagi mereka dengan memberikan rasa percaya diri bagi  para adik-adik yang mengikuti acara ini. 

Selain itu, salah satu tujuan diadakan program ini adalah untuk menemukan berlian-berlian yang tersembunyi di antara adik-adik kita dan memberikan apresiasi bagi mereka. Seperti yang disebutkan di atas, adik-adik yatim berhak diperlakukan dengan baik. 

Proses Audisi

Proses audisi dari YBKB Got Talent 3 dibuka  dari tanggal 1 – 25 Agustus 2021 dan GRATIS!

Kategori peserta untuk pencarian bakat ini adalah adik yatim, piatu, yatim piatu atau dhuafa berusia 4-15 tahun. 

Ingin turut berpartisipasi? Caranya cukup mudah, yaitu dengan mengirimkan video demo singkat sesuai bakat para adik-adik dengan durasi maksimal 3 menit  dan kirim video tersebut ke email kemanusiaaan@ybkb.or.id. 

Bagi yang memiliki kenalan atau saudara yang sekiranya memiliki bakat, segera daftarkan adik-adik untuk mengikuti audisi YBKB Got Talent 3 dan menangkan hadiah senilai jutaan rupiah!

Meraih Bintang, Menebarkan Manfaat

Demi mencegah penyebaran Covid-19, YBKB Got Talent 3 akan dilaksanakan secara online seperti tahun lalu. Selain itu, dengan pelaksanaan secara online maka ajang pencarian bakat ini dapat menjangkau wilayah yang lebih luas lagi karena tidak perlu tatap muka secara offline. 

Acaranya akan diselenggarakan di tanggal 4 September 2021 bagi para adik-adik yang lolos seleksi berdasarkan video yang adik-adik peserta kirimkan melalui email. 

Mari turut serta untuk berbagi kebahagiaan dan kepedulian kepada adik-adik yatim dengan memberikan uluran tangan para sahabat Dermawan melalui Yayasan Bangun Kecerdasan Bangsa. 

Kepedulian kita memberikan dampak besar bagi para adik-adik yatim yang telah kehilangan sosok ayah mereka. Sedikit bagi kita, besar bagi mereka. 

“Demi Yang Mengutusku dengan hak, Allah tidak akan menyiksa pada hari kiamat nanti orang yang menyayangi anak yatim, lemah lembut pembicaraan dengannya, menyayangi keyatiman dan kelemahannya. (HR. Thabrani dari Abu Hurairah)

 


  Kembali