Wakaf 1 Juta Al-Qur’an Untuk Indonesia

Program Wakaf 1 Juta Al Qur'an Untuk Indonesia

 

Assalamualaikum Sahabat Cerdas,

 

Sebentar lagi bulan Ramadan akan datang menyapa, sudah waktunya bersiap-siap untuk meningkatkan amal ibadah. Salah satu amalan yang diutamakan untuk dilakukan saat bulan Ramadan adalah tadarus Al Qur’an.

Tadarus Al Qur’an memiliki berbagai manfaat, baik di dunia ini maupun di akhirat nanti. Saat di dunia, tadarus Al Qur’an dapat meningkatkan keimanan terhadap Allah SWT. Selain itu, membaca Al Qur’an dapat menentramkan hati dan membuat kita diliputi oleh rahmatNya.

“Tiadalah berkumpul suatu kaum dalam baitullah [masjid] untuk membaca kitab Allah dan mempelajarinya, melainkan pasti turun pasti turun kepada mereka ketenangan, diliputi rahmat, dikerumuni malaikat dan diingat Allah di depan makhluk yang sisi-Nya,” (H.R. Muslim).

Sementara manfaat di hari akhir nanti tercantum dalam hadis yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim seperti di bawah ini:

“Hendaklah kalian membaca Al-Qur’an karena ia nanti akan datang sebagai pemberi syafa’at bagi pembacanya pada hari Kiamat.” (H.R. Bukhari dan Muslim).

 

Tidak Semua Daerah Memiliki Mushaf Al Qur’an yang Layak

Perkembangan teknologi telah membuat dunia bergeser menuju era digital. Al Qur’an pun kini banyak tersedia dalam bentuk digital. Tentunya membaca Al Qur’an dari telepon genggam maupun perangkat elektronik lainnya lebih memudahkan.

Namun, tidak semua orang merasa nyaman membaca Al Qur’an dalam bentuk digital. Selain itu, terdapat beberapa kelebihan yang bisa didapatkan dengan membaca Al Qur’an dalam bentuk mushaf, antara lain:

  • membaca Al-Quran dengan melihat mushaf lebih utama karena akan lebih selamat dari kesalahan
  • menyehatkan mata dan menyembuhkan sakit mata
  • dijauhi oleh setan yang takut terhadap orang yang membaca Al Qur’an dengan melihat mushaf

Hal ini diperkuat dengan adanya hadis yang diriwayatkan oleh Imam Thabrani dan Imam Baihaqi:

Rasulullah Saw bersabda; ‘Bacaan Al-Qur’an seseorang tanpa melihat mushaf adalah seribu derajat (pahalanya), dan bacaannya dengan melihat mushaf dilipatkan sampai dua ribu derajat. (HR Thabrani & Baihaqi)

 

YBKB Mengadakan Program Wakaf 1 Juta Al Qur’an

Menyadari besarnya manfaat yang didapatkan dari membaca Al Qur’an dan dalam rangka menyambut bulan Ramadan 1443 H, Yayasan Bangun Kecerdasan Bangsa (YBKB) melalui Bidang Kemanusiaan YBKB For Humanity (YOU) mengadakan program Wakaf 1 Juta Al Qur’an Untuk Indonesia.

Program ini akan diadakan dalam beberapa tahap. Untuk Tahap Pertama akan dilaksanakan pada akhir bulan Maret 2022 di Desa Cikondang, Pelabuhan Ratu, Sukabumi.

Bagi Sahabat Cerdas yang ingin mendukung program ini, dapat berwakaf melalui link ini.

Yuk, wakaf Al Qur’an Untuk Indonesia bersama YBKB!


  Kembali