hero

Tumbuhkan Minat Baca Anak dengan Berbagai Buku ini!

14 December 2022 |Artikel

Tumbuhkan Minat Baca Anak dengan Berbagai Buku ini!

 

Umumnya, anak-anak yang duduk di bangku sekolah dasar sudah dapat membaca. Biasanya, mereka akan memilih buku bacaan yang menarik bagi anak. Sayangnya, hingga saat ini tidak banyak orang tua yang memahami pentingnya menumbuhkan minat baik ini untuk buah hatinya. 

Bukan hanya memupuk kebiasaan yang positif, membaca juga mempunyai berbagai manfaat lain seperti dapat membentuk anak menjadi lebih cerdas. Dengan membaca, orang tua akan mengajarkan anak untuk berpikir dengan logis mengenai sebab akibat serta memaklumi tindakan yang salah dan benar. 

Tidak sampai di sini, memperbanyak literasi juga dapat meningkatkan kemampuan komunikasi anak. Anak menjadi semakin banyak memiliki kosakata. 

Pilihan Buku Anak untuk Tumbuhkan Minat Baca

Seperti yang telah diketahui, meningkatkan literasi adalah salah satu langkah yang baik untuk mengasah kemampuan agar bisa berpikir dengan kritis serta kreatif. Bila bingung memilih mana buku anak yang tepat, berikut beberapa pilihannya, antara lain:

  1. Bermain Bersama Tini

Salah satu buku yang direkomendasikan untuk buah hati adalah Bermain Bersama Tini. Bermain Bersama Tini merupakan buku yang sangat bagus untuk anak-anak yang sedang belajar membaca. 

Buku Bermain Bersama Tini memiliki penokohan yang bagus, selain itu kalimat-kalimatnya dapat membantu anak berimajinasi dengan baik. Di dalam buku ini terdapat beberapa cerita seru. 

Sehingga, anak-anak akan membaca dan berimajinasi, serta membayangkan berbagai tempat ajaib. 

  1. Beruang Bilang Maaf

Pilihan buku yang lainnya adalah Beruang Bilang Maaf. Untuk menumbuhkan minat baca pada anak, salah satu cara yang dilakukan adalah memberikan buku yang menarik. 

Beruang Bilang Maaf merupakan buku dengan semua kisah seri yang mengisahkan kehidupan binatang. Setiap buku mengangkat sebuah kisah binatang yang memiliki karakter baik. 

Selain itu, Beruang Bilang Maaf mengajarkan nilai positif pada anak-anak. Karakter binatang yang digunakan pada Beruang Bilang Maaf sangat pas. Orang tua dapat bercerita sambil memperagakan hewan yang berada di dalam buku. Anak juga akan mudah mengeja ketika membaca buku ini. 

  1. Aku Anak yang Berani

Ketika sudah berada di bangku sekolah, tentu ada banyak teman yang memiliki sejumlah latar belakang. Tidak sedikit anak sering berselisih paham dengan teman-temannya. Bila sedang mencari cara untuk mengajarkan anak mengenai tenggang rasa dan perbedaan, Aku Anak yang Berani bisa menjadi pilihan. 

Aku Anak yang Berani memiliki berbagai cerita berbeda, dengan tema keberagaman. Dengan membaca buku ini, anak akan belajar dari tokoh di dalamnya sehingga bisa menghargai perbedaan pendapat serta bisa menghindari prasangka. 

Tema baca buku Aku Anak yang Berani ini memang cukup serius, tetapi buku ini menggunakan bahasa yang mudah diterima oleh anak. selain itu, pengajaran yang berada di dalam buku ini tidak terkesan seperti menggurui. 

  1. Jalan-jalan ke Padang

Bila ingin memberikan buku anak dengan bentuk pop-up book, Jalan-jalan ke Padang bisa dijadikan sebagai pilihan. Jalan-jalan ke Padang menjadi buku yang tepat saat Anda ingin memperkenalkan budaya Indonesia, khususnya Padang pada si kecil. 

Jalan-jalan ke Padang menjadi buku dari seri Ayo Jalan Keliling Indonesia. Ketika membaca buku Jalan-jalan ke Padang ini, anak akan mengenal berbagai bangunan yang terkenal di kota Padang serta sekitarnya. 

Bukan hanya itu, anak-anak juga menjadi tertarik untuk membuka setiap halaman karena mereka akan melihat pop up Jam Gadang, Patung Malin Kundang, hingga Jembatan Siti Nurbaya. 

  1. Dru dan Kisah Lima Kerajaan

Generasi Z tentu mengenal dongeng klasik Alice in Wonderland bukan? Jangan salah, Indonesia ternyata juga memiliki kisah klasik seperti cerita tersebut dengan judul Dru dan Kisah Lima Kerajaan. 

Buku Dru dan Kisah Lima Kerajaan memiliki gambar yang sangat indah sehingga ceritanya menjadi begitu menarik. Selain itu, Dru dan Kisah Lima Kerajaan cocok menjadi bacaan sebelum tidur untuk buah hati. 

Dru dan Kisah Lima Kerajaan menceritakan seorang gadis bernama Dru yang jatuh ke lubang kemudian mengantarnya di dunia yang ajaib. Di sana, Dru harus menolong orang serta menyelesaikan misi agar dapat kembali ke dunianya. 

Menariknya, nama raja-raja di dalam buku Dru dan Kisah Lima Kerajaan ini terinspirasi dari cerita Pandawa sehingga dapat juga digunakan untuk mengenalkan pendidikan tentang budaya. 

  1. Lima Sekawan Berkelana

Ketika buah hati sudah berada di kelas 5 SD, sejumlah buku cerita yang memiliki tema lebih berat dapat mulai diperkenalkan. Salah satunya seperti Lima Sekawan Berkelana. Buku ini memiliki tema petualangan serta pemecahan kasus. 

Lima Sekawan Berkelana dapat menstimulasi imajinasi serta daya ingat anak. Buku ini menceritakan Lima Sekawan harus menghadapi anggota sirkus jahat yang menyekat di dalam bukit. 

  1. Mata dan Rahasia Pulau Gapi

Buku Mata dan Rahasia Pulau Gapi menceritakan mengenai Mata yang gagal diterima di SMP favorit akhirnya harus pindah di Pulau Gapi. Pulau ini berada di wilayah Ternate. Ternyata, di sana ia menemukan petualangan lain yaitu melindungi pusaka dengan nama Gama dan Molu.

Gama dan Molu merupakan hewan immortal. Buku Mata dan Rahasia Pulau Gapi menjadi salah satu cara menumbuhkan minat baca sekaligus mengenalkan budaya Timur Indonesia pada buah hati. 

Di dalam buku ini terdapat cerita sejarah, fantasi hingga mitos yang sangat menarik untuk dibaca anak-anak. 

  1. Bagai Bumi Berhenti Berputar

Buku lainnya adalah Bagai Bumi Berhenti Berputar. Kegagalan, kesedihan hingga kekecewaan adalah emosi yang nantinya akan dirasakan anak. 

Sayangnya, anak-anak tidak dapat memahami perasaannya serta tidak mengetahui cara untuk menghadapi hal tersebut jika tidak diperkenalkan. Bagai Bumi Berhenti Berputar cocok bagi siapa saja yang ingin membantu buah hati agar bisa memahami perasaannya sendiri. 

Dengan menggunakan Bagai Bumi Berhenti Berputar, anak akan belajar cara mengungkapkan serta menghadapi emosi negatifnya. Bukan hanya itu, mereka juga belajar bahwa ayah dan ibunya selalu mendampingi dan menyayanginya dalam kondisi apapun. 

Membaca buku Bagai Bumi Berhenti Berputar bersama-sama dengan anak akan memperkuat bonding dan mengajarkannya pentingnya keterbukaan terhadap orang tua. 

  1. Charlie and The Chocolate Factory

Ketika mendengar judul Charlie and The Chocolate Factory, mungkin akan langsung terpikir kalau sudah pernah mengajak anak menonton versi filmnya. Namun, jika ingin menumbuhkan minat baca pada anak, bisa mengajaknya membaca cerita ini. 

Ketika membaca, anak bisa mendiskusikan sejumlah pelajaran yang berada di dalam buku cerita ini. Charlie and The Chocolate Factory akan mengajarkan anak seperti apa kesederhanaan. 

Di dalam buku Charlie and The Chocolate Factory, tokoh anak yang masuk ke dalam pabrik bersama dirinya mengalami nahas karena keserakahan. Selain itu, Charlie and The Chocolate Factory menjadi buku yang bagus untuk mengajarkan buah hati pentingnya menyanyangi keluarga. 

Dari berbagai buku yang menarik di atas, mana buku yang akan dibeli untuk menumbuhkan minat baca anak? Pilih buku yang sesuai dengan umur buah hati, ya. 

 

Baca Juga Artikel Lainnya