+

Sejarah

Sekretariat YBKB

Sekretariat YBKB

Yayasan Bangun Kecerdasan Bangsa didirikan pada tanggal 16 Juli 2007 dengan sebuah misi untuk bisa membina masyarakat khususnya anak muda untuk bisa mandiri dan memiliki wawasan bertanggung jawab terhadap keluarga, lingkungan, agama, bangsa dan negara. Kegiatan YBKB diawali dengan kegiatan-kegiatan dibidang sosial seperti cepat tanggap bencana, santunan anak yatim-piatu, dan donor darah

Dalam prosesnya, pada tahun 2012 .YBKB mengembangkan program-programnya dengan membentuk komunitas Goodlife pada 4 Maret 2012, yaitu sebuah komunitas sosial yang bertujuan mewujudkan generasi muda yang menerapkan kehidupan yang baik dalam masyarakat secara luas.

Lalu pada tahun 2013, para relawan YBKB menginisiasi sebuah gerakan peduli pendidikan khususnya untuk anak-anak yatim-piatu, dhuafa dan marjinal bernama “Rumah Belajar Kita”, sebuah gerakan pendidikan yang bertujuan membentuk karakter positif untuk anak bangsa dengn mengembangkan kreatifitas, sains dan kewirausahaan. Dan program anak didik, yaitu program santunan dana pendidikan kepada anak sekolah yang membutuhkan bantuan dari anak yatim-piatu maupun dhuafa.

Pada tahun 2014, YBKB membentuk sebuah komunitas “Majelis Dzikir Istighosah Al Balad”, yang bertujuan mempererat ukhuwah islamiyah dan menciptakan kehidupan islami dalam masyarakat. Serta membentuk sebuah komunitas Taaruf yang bertujuan menciptakan keluarga sakinah, mawaddah dan warohmah dalam masyarakat dengan nama Komunitas Taaruf Membangun Umat atau disingkat KTMU.

Kegiatan YBKB tahunan pada gerakan sosial, meliputi bakti sosial pada momen-momen tahunan seperti peringatan Hari Pendidikan, Hari Kemerdekaan, Tahun Baru Islam, Ramadhan serta hari lain yang tidak dapat diprediksi seperti tanggap darurat bencana alam.

Kedepannya, YBKB juga sedang mempersiapkan pembangunan sarana pendidikan untuk anak-anak yang kurang memiliki kemampuan untuk membiayai pendidikan.