“Literature is the safe and traditional vehicle through which we learn about the world and pass on values from one generation to the next. Books save lives.” – Laurie Anderson

Kalimat di atas dapat diartikan bahwa literatur adalah sebuah kendaraan tradisional yang aman bagi kita untuk mempelajari tentang dunia dan mewariskan nilai-nilai dari satu generasi ke generasi berikutnya. Dan yang paling penting, buku dapat menyelamatkan jiwa seseorang. Bahkan hanya melalui sebuah buku, seseorang dapat mengubah kehidupannya. 

Dari tulisan di atas dapat menggambarkan betapa pentingnya buku dan literasi dalam kehidupan seseorang, apalagi anak-anak yang dipenuhi dengan rasa keingintahuan. Namun, sayangnya rasa keingintahuan dan belajar adik-adik binaan YBKB di Muara Gembong harus terhenti. 

Banjir rob merendam Taman Baca yang sebelumnya dibangun oleh YBKB untuk adik-adik di Muara Gembong. Ratusan buku hanyut dan sebagian rusak karena dampak dari banjir rob. 

Pemandangan para adik-adik yang setiap sore selalu berkumpul bersama sambil membaca buku di pendopo taman baca tak lagi ada. Hanya ada duka dan wajah sedih. 

Mereka tidak sampai hati untuk meminta uang agar dapat membeli buku kepada orang tua mereka. Banjir rob dan pandemi Covid-19 yang sudah berlangsung selama 2 tahun ini membuat penghasilan orangtua mereka semakin tak menentu. Jangankan untuk membeli buku, bahkan untuk makan pun mereka harus berhemat sekali. 

Melihat semangat belajar pada adik-adik binaan YBKB membuat bidang YBKB Educate People (YUP) berinisiatif untuk mengadakan program “Sedekah Buku” di Bulan Agustus ini dengan harapan dapat menyediakan buku bacaan yang layak dan bermanfaat bagi mereka. Serta adik-adik dapat kembali belajar dan menambah ilmu pengetahuan melalui buku-buku yang diberikan. 

Sedekah Buku: Tahap 1

Alhamdulillahirabbil’alamiin atas izin Allah, penyaluran sedekah buku sebanyak 50 buah buku telah diselenggarakan dengan baik dan lancar di Hari Sabtu, 7 Agustus 2021. Semburat wajah-wajah bahagia terpancar dibalik masker adik-adik yatim. 

Sedekah Buku: Tahap 2

Melihat antusiasme para adik-adik di TPA Nadhatul Wathan, Muara Gembong, YUP kembali menginisiasi Sedekah Buku: Tahap 2 yang diselenggarakan 2 minggu setelah Sedekah Buku: Tahap 1 dengan harapan dapat memberikan lebih banyak buku bagi para adik-adik di Muara Gembong. 

Alhamdulillah atas dukungan dan doa para sahabat Dermawan, Sedekah Buku: Tahap 2 dapat diselenggarakan di Hari Minggu, 29 Agustus 2021. Matahari yang bersinar cerah menyambut para relawan YBKB dan adik-adik binaan YBKB. Senyum bahagia terlihat dari wajah adik-adik yang tidak sabar untuk membuka buku-buku yang dibawa oleh para relawan. 

Sambutan

Acara diawali dengan pembukaan oleh MC dengan mengucapkan bismillah agar seluruh kegiatan hari  itu dapat membawa manfaat dan berkah bagi semuanya. 

Setelah itu acara dilanjutkan dengan sambutan dari perwakilan warga Muara Gembong, Bu Markonah, sebagai tuan rumah. 

Bu Markonah sangat berterima kasih kepada pada sahabat Dermawan dan keluarga besar YBKB yang telah memberikan perhatian dan kepedulian kepada adik-adik di Muara Gembong. Selain itu, Bu Markonah berharap dengan adanya buku dan fasilitas yang diberikan dalam Sedekah Buku ini, adik-adik dapat menghabiskan waktu mereka dengan membaca buku. Bukan hanya bermain ponsel sepanjang hari. 

Setelah Bu Markonah memberikan sambutan, acara dilanjutkan dengan pemberian sambutan oleh Kak Joko Prasojo, selaku Kepala Bidang YUP dan sebagai perwakilan dari YBKB. 

Semoga Sedekah Wakaf ini menjadi penyambung tali silahturahim antara YBKB dan TPA Nahdlatul Wathan. Semoga kedepannya akan ada kegiatan yang dapat memberikan semangat dan sinergi antara relawan YBKB dan adik-adik di Muara Gembong. 

Dongeng bersama Kak Ikki Yosan (Kolaborasi dengan Rumah Belajar Kita)

Acara dilanjutkan dengan dongeng bersama dengan Kak Ikki Yosan yang berkolaborasi dengan Rumah Belajar Kita (RBK). Dongeng kali ini bercerita tentang bagaimana cara  adik-adik mengisi kemerdekaan. Sebelum masa kemerdekaan, para pahlawan berperang melawan penjajah untuk meraih kemerdekaan. 

 

Saat ini, bentuk berperang dan mempertahankan kemerdekaan dengan berperang melawan rasa malas dan giat belajar. Serta tidak lupa untuk rajin membaca buku agar pandangan dan pengetahuan adik-adik semakin terbuka lebar. 

Dongeng kali ini berlangsung secara daring melalui zoom dan kegiatan dongeng ini diikuti juga oleh adik-adik dari 8 titik Rumah Belajar Kita di waktu bersamaan.

Acara dongeng berdurasi satu jam ini rasanya kurang lama bagi adik-adik di Nadhatul Wathan dan di 8 titik RBK karena ada sedikit rasa kecewa disaat Kak Ikki Yosan berpamitan. Rasanya masih ingin melanjutkan keseruan di acara dongeng yang disisipkan games tebak-tebakan dan hadiah berlimpah bagi yang berhasil memenangkan games. 

Lagi-lagi, pancaran bahagia terpancar dari wajah adik-adik di Muara Gembong dan adik-adik RBK yang ada  di lokasi mereka masing-masing. Rasa bahagia karena mereka tahu bahwa mereka tak sendiri.

Masih banyak orang yang peduli pada mereka, termasuk para sahabat Dermawan yang  selalu mendukung program yang diboyong oleh YBKB. Alhamdulillaahirabbil’aalamiin. 

Penyerahan Simbolis Sedekah Buku

Akhirnya acara puncak Sedekah Buku: Tahap 2 dilaksanakan setelah Kak Ikki Yosan berpamitan. Acara dilanjutkan dengan penyerahan rak buku dan buku sebagai simbolis Sedekah Buku yang dilakukan oleh Kak Joko Prasojo sebagai perwakilan YBKB dan Bu Markonah sebagai perwakilan dari tuan rumah. 

Alhamdulillah YBKB telah menyalurkan rak buku, meja belajar, karpet sebagai alas belajar dan berbagai buku mulai dari Al Qur’an, buku edukasi membaca menulis dan berhitung, buku cerita bergambar, buku kisah inspiratif, buku keterampilan, dan ensiklopedia. 

Buku-buku berjumlah 300 buah disalurkan ke Taman Baca Pesisir dan Taman Baca Nahdatul Wathan. Insya Allah dengan adanya buku-buku ini, adik-adik dapat kembali semangat untuk mencari ilmu melalui buku. 

Doa dan Penutup

Acara ditutup dengan doa-doa dan harapan-harapan agar pandemi Covid-19 dapat segera selesai dan semoga buku-buku ini dapat membawa manfaat dan membawa perubahan bagi para adik-adik di Muara Gembong. 

Alhamdulillahirabbil’alamin acara ditutup dengan hamdalah. 

Keluarga besar YBKB dan adik-adik binaan YBKB di Muara Gembong mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada para sahabat Dermawan yang merelakan untuk berbagi kepedulian kepada adik-adik binaan YBKB. 

Terima kasih atas segala kemurahan hati para Dermawan hingga dapat membuat seluruh acara Sedekah Buku: Tahap 1 dan Tahap 2 dapat berjalan dengan lancar dan baik. 

Semoga Allah SWT selalu melimpahkan berkah dan rahmat-Nya kepada kita semua. Serta diberikanNya perlindungan pada kita semua agar kita dapat selalu sehat, aman, dan diberikan keselamatan dari mara bahaya. Aamiin ya rabbal’alamiin. 

Jika seorang manusia mati, maka terputuslah darinya semua amalnya kecuali dari tiga hal; dari sedekah jariyah atau ilmu yang diambil manfaatnya atau anak shalih yang mendoakannya.” HR. Muslim

 

 


  Kembali