+

Program Ruang Cerdas

Suatu negara pasti memiliki banyak masalah dan tantangan, tidak terkecuali Indonesia. Salah satu masalah yang dihadapi Indonesia saat ini adalah banyaknya pengangguran. Menurut Badan Pusat Statistik (BPS), dari total penduduk 290 juta jiwa, yang bekerja sebanyak 128 juta jiwa, dan pengangguran sebanyak 62 juta jiwa (1).

Dengan banyaknya jumlah pengangguran di Indonesia, tentu saja salah satu  faktor penyebabnya  adalah kurangnya jumlah lapangan pekerjaan yang tersedia. Ini merupakan salah satu dampak dari masih minimnya jumlah pengusaha di Indonesia yang hanya sekitar 4,6 juta jiwa dari total penduduk 290 juta jiwa (2). Hal ini menyebabkan terbatasnya lapangan pekerjaan.

Lalu bagaimana solusinya?

Seiring dengan kemajuan teknologi saat ini (internet), muncul peluang melalui dunia online. Dimana saat ini orang dapat memulai usaha secara online (e-commerce) dengan modal terjangkau dan dapat memasarkan produknya secara luas ke seluruh Indonesia bahkan dunia. Menurut Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), nilai investasi di sektor e-commerce tahun 2017 mencapai USD 5 miliar (70 triliun rupiah) (3). Hal ini menjadikan e-commerce sebagai sektor  ekonomi yang paling strategis saat ini. Dengan adanya tren positif di bidang perdagangan online, maka hal ini menjadi hal yang penting untuk diketahui  oleh para pengusaha maupun calon pengusaha.

Melihat kondisi ini, kami ingin memberikan pelatihan bagaimana caranya melakukan usaha secara online melalui program yang kami sebut dengan RUANG CERDAS. Harapannya melalui program ini kami dapat membantu masyarakat untuk berani memulai usaha, sehingga akan terlahir pengusaha- pengusaha baru di Indonesia yang akan membuka lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat.

ruang-cerdas-PelatihanDigitalMarketing1

ruang-cerdas-PelatihanDigitalMarketing2

ruang-cerdas-PelatihanDigitalMarketing3

 

 

Sumber:
(1) https://ekonomi.kompas.com/read/2017/11/06/153940126/agustus-2017-jumlah-pengangguran-naik-menjadi-704-juta-orang

(2) http://www.republika.co.id/berita/ekonomi/makro/17/06/03/oqxwbm383-kppu-pengusaha-di-indonesia-hanya-16-persen-jumlah-populas

(3) http://nextren.grid.id/read/0124363/inilah-tren-e-commerce-2018-di-indonesia-menurut-toko-online-ini?page=all