Rp. 20.000.000

terkumpul dari Rp. 300.000.000

6.67 % tercapai

146 hari lagi

Category:

Description

Berada di provinsi Kalimantan Tengah, desa Sebangau Jaya terletak di kecamatan Sebantau Kuala yang merupakan bagian dari area di kawasan taman nasional wilayah Kabupaten Pulang Pisau. Kawasan taman nasional ini ada di antara Sungai Katingan dan Sungai Sebangau dengan luas sekitar 568.700 ha.

Jarak dari ibukota Provinsi Kalimantan Tengah yaitu Palangkaraya ke Kecamatan Sebangau Kuala sekitar 150 Km, namun tidak ada jalan darat yang menghubungkan langsung antara Palangkaraya ke Sebangau Kuala.

Masalah utama yang dihadapi masyarakat Kecamatan Sebangau Kuala adalah tantangan alam (tanah kurang subur dan air asam), serta kesulitan dalam transportasi ke wilayah lain. Di saat musim hujan alat transportasi yang paling memungkinkan untuk dipergunakan adalah perahu kelotok yaitu sejenis sampan yang menggunakan mesin.

KRISIS AIR BERSIH DI DESA YANG DIKELILINGI SUNGAI

Kehidupan masyarakat desa Sebangau Jaya, Kalimantan Tengah, sangat tergantung pada aliran air sungai bersih. Hampir semua kegiatan sehari-hari dilakukan dengan menggunakan media air atau sungai.

Namun, kondisi saat ini yang menjadi masalah utama masyarakat Kecamatan Sebangau Kuala, Kalimantan, adalah tidak tersedianya air bersih memadai. Hal ini terjadi karena belum tersedianya aliran pipa air, sehingga penduduk sekitar sangat mengandalkan sungai sebagai satu-satunya sumber air untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

Yang memprihatinkan, air sungai di sekitar desa telah tercemar oleh sampah dan kotoran manusia. Karena keterbatasan, masyarakat sekitar membangun sarana toilet di atas sungai. Sehingga bagi masyarakat Sebangau, adanya air bersih sungguh merupakan sebuah berkah.

Oleh karena itu, Kami dari ybkb.or.id ingin mengambil peran sebagai perantara kebaikan bagi penduduk desa Sebangau. Harapannya, masyarakat Sebangau dapat menjangkau sumber air bersih dengan mudah dan memiliki cadangan air yang bisa digunakan jika terjadi kekeringan.

Donasi Pengadaan Air Bersih Sebangau Kalteng

Donasi Pengadaan Air Bersih Sebangau Kalteng

Donasi air bersih sebangauRENCANA PEMBANGUNAN SARANA AIR BERSIH BAGI SEBANGAU

Selain membuat sumur bor, kami juga berencana membangun pompa dengan kedalaman minimal 100-150 m untuk mendapatkan air bersih.

Setelah mendapatkan air bersih, kami juga akan membangun toren air dan pembangkit listrik tenaga matahari. Selain itu, kami juga akan membangun sarana toilet yang memadai agar masyarakat Sebangau tidak lagi mendirikan toilet di sungai. Dengan demikian, kegiatan BABS dapat dicegah dan pencemaran air akibat kotoran manusia dapat dihindari.

Donatur