+

LBH BKB

kolase-lbh-bkb

Lembaga Bantuan Hukum Bangun Kecerdasan Bangsa (LBH BKB), untuk pertama kalinya didirikan di Kota Jakarta, pada tanggal 14 Februari 2016.  Bertempat di Kantor Sekretariat Yayasan Bangun Kecerdasan Bangsa Jln. Raya Tengah No.22 RT. 008 RW.008 Kelurahan Gedong Kecamatan Pasar Rebo Kota Jakarta Timur Propinsi DKI Jakarta.

Lembaga ini didirikan untuk lebih memperkuat gerakan sosial memperjuangkan penegakan hukum, hak azasi manusia dan pembangunan hukum yang adil dan demokratis dalam hal memberikan bantuan hukum bagi rakyat miskin dangan mengusung Tema “Keadilan Untuk Rakyat”

Didasarkan pada pengalaman dan kemampuan dari sebagian besar aktifis lembaga ini yang secara terus menerus fokus bekerja memberikan bantuan hukum dan pembangunan kesadaran hukum dan hak-hak rakyat terhadap bangsa dan negara. Serta gerakan demokratisasi di Indonesia, maka pemikiran jangka panjang untuk melihat perspektif pembangunan masyarakat sipil yang sadar hukum dan paham untuk memperjuangkan hak-hak mereka didepan hukum secara damai dan saling menghargai perbedaan menjadi latar belakang pentingnya wadah gerakan yang bekerja lebih fokus lagi untuk pembangunan masyarakat hukum di Indonesia.

Selanjutnya Lembaga ini secara legal, tercatat sebagai lembaga yang memiliki kekuatan hukum berdasarkan Akta Notaris : Madona Kristiani Budiman,SH,Mkn No.4 Tanggal 19 April 2016.

 

Visi LBH BKB

Terbentuknya masyarakat Indonesia sebagai masyarakat yang sadar hukum, mengerti akan hak dan kewajibannya berdasarkan hukum, dan berperan aktif dalam membangun tatanan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara sesuai prinsip-prinsip negara hukum.

Misi LBH BKB

Memberi bantuan hukum kepada masyarakat miskin dan teraniaya secara cuma- cuma, tanpa membedakan suku, agama, ras, keturunan, keyakinan politik maupun latar belakang sosial dan budaya.