Program

Gerakan Pendidikan

Pendidikan merupakan hal yang sangat fundamental di dunia ini. Karena melalui pendidikan-lah kita dapat mencapai banyak hal di dunia ini. Dan melalui pendidikan pula kita dapat merubah kondisi kita menjadi lebih baik. Pendidikan adalah dasar dari terbentuknya Yayasan Bangun Kecerdasan Bangsa (YBKB) yang selaras dengan Taglinenya “Bangunkan Jiwa Cerdaskan Bangsa”.

Dengan dasar dari pendidikan inilah kami di YBKB membentuk dan menjalankan program-program yang dapat mendidik dan membantu banyak orang, dan juga dengan harapan dapat membuat perubahan di masyarakat ke arah yang lebih baik melalui program-program kami.

Dan saat ini bentuk Program YBKB di bidang pendidikan saat ini adalah melalui Komunitas Rumah Belajar Kita.

Rumah Belajar Kita

Rumah Belajar Kita atau biasa disebut RBK merupakan bagian dari YBKB yang fokus pada divisi pendidikan. Memiliki tujuan mengajak kaum muda untuk berpartisipasi dalam kegiatan pemberdayaan masyarakat agar dapat membentuk mental dan sikap kepemimpinan dalam masyarakat. Sehingga dapat memberikan dampak kehidupan yang lebih baik kepada masyarakat melalui pendidikan khususnya anak-anak.

Rumah Belajar Kita memiliki 3 Program:

  1. Program Kelas Belajar
    Merupakan kegiatan belajar mengajar yang bertujuan membentuk karakter positif pada anak melalui pengembangan kreatifitas, sains, dan kewirausahaan.
  2. Program Taman Baca
    Memberikan akses bahan-bahan bacaan bagi anak-anak indonesia agar tercipta budaya membaca yang akan meningkatkan kecerdasan dan pengetahuan.
  3. Program Kampung Binaan
    Program berkelanjutan yang bertujuan mengembangkan potensi lokal masyarakat.
Press Release RBK

Gerakan Sosial Budaya

Sosial Budaya mungkin bila diartikan secara ringkas merupakan suatu kebiasaan dalam berkehidupan yang berlaku di masyarakat. Manusia sebagai makhluk sosial tentunya memiliki ketergantungan satu sama lain sehingga dapat saling mempengaruhi dalam kehidupan sehari-hari, secara khusus tentu saja pengaruh yang diharapkan adalah pengaruh dalam hal-hal positif.

Kami di YBKB menyadari bahwa anak-anak muda merupakan komponen penting di masyarakat yang dapat memberikan pengaruh penting dalam bermasyarakat. Untuk itu agar anak-anak muda dapat membawa pengaruh positif terhadap sesamanya, mereka perlu dibekali dan diarahkan ke gaya hidup yang baik sehingga dapat menjadi dasar dalam mereka berkehidupan.

Menyadari hal ini, YBKB membuat gerakan sosial budaya dalam bentuk Komunitas anak muda bernama GOODLIFE SOCIETY. Goodlife Society mempunyai 6 PILAR dasar dan juga sekaligus prinsip yang ingin ditularkan ke masyarakat khususnya anak-anak muda. 6 Pilar tersebut yaitu: NO Smoking, NO Drugs, NO Alcohol, NO Free Sex, NO Littering, dan NO Violence.

Gerakan Keagamaan

Dalam Agama Islam diajarkan bahwa dalam kehidupan manusia terdiri dari Habluminallah dan Habluminannas, yaitu Hubungan secara vertikal manusia dengan Allah SWT, dan Hubungan secara horizontal sesama manusia. Dengan semakin banyaknya program-program yang berkembang serta jumlah relawan yang mencapai 400 orang, kami menyadari bahwa itu semua tidak akan ada yang berhasil tanpa adanya Ridho Allah SWT.

Untuk itu kami menyadari perlu adanya wadah yang dapat mengakomodir kegiatan secara Habluminallah baik itu sifatnya internal di Yayasan maupun eksternal yang mengikutsertakan masyarakat sekitar. Dasar pemikiran inilah yang membawa kami membentuk Program Bidang Keagamaan yaitu Majelis Albalad dan Komunitas Taaruf Membangun Umat (KTMU).

Melalui program Majelis Albalad dan KTMU, kami berharap dapat menyeimbangkan segala kegiatan di YBKB yang bersifat dunia maupun Akhirat sehingga selalu dalam Berkah dan Lindungan Allah SWT. Amin.

Untuk memenuhi kebutuhan para relawan kami terhadap sisi rohani, terbentuklah Majelis Al-Balad. Kegiatan dari Majelis Al-Balad antara lain mengadakan kegiatan pengajian rutin minimal sebulan sekali sekaligus Istighotsah untuk menyalurkan sedekah para relawan.

Majelis Al Balad juga rutin mengadakan santunan untuk anak-anak yatim dan dhuafa yang bersifat kecil (mingguan) maupun yang bersifat besar (3-4 bulan sekali).

Pengajian Majelis Al-Balad juga beberapa kali diundang untuk mengisi pengajian di luar kantor YBKB. Biasanya untuk mengisi ceramah beserta Hadroh Balada Al-Balad.

Al-Balad juga sudah rutin mengadakan acara tahunan yaitu penerimaan hewan Qurban sekaligus pemotongan dan juga penyaluran daging hewan Qurban ke warga sekitar kantor YBKB di Kelurahan Gedong Pasar Rebo.

Karena kami sadar segala kegiatan kami di YBKB tidak akan bisa berjalan lancar tanpa adanya izin dari Allah SWT.

Berawal sejak tahun 2007 sekelompok pemuda yang tergabung dalam YAYASAN BANGUN KECERDASAN BANGSA (YBKB) merasa prihatin dengan banyak ditemukannya persoalan dimasyarakat khususnya kalangan pemuda-pemudi yang terlibat dengan pergaulan bebas (free sex) yang kemudian mengalir menjadi permasalahan Tindak kejahatan, Pelecehan dan Kekerasan terhadap kaum akhwat atau perempuan bahkan meluas menjadi permasalahan secara Hukum yaitu perceraian, bagi kalangan yang sudah menikah.

Hal tersebut sebagai akibat dari kebiasaan pergaulan bebas atau gonta-ganti pasangan yang terjadi semenjak hubungan sebelum Menikah atau yang sering kita sebut dengan masa berpacaran.

Atas dasar itulah yang menjadi alasan kuat terlahirnya KOMUNITAS TA’ARUF MEMBANGUN UMAT atau disingkat KTMU. Visi kami adalah membangun kehidupan masyarakat madaniyah, taat kepada aturan islam dan segala aturan yang berlaku di negara Indonesia sehingga melahirkan keluarga yang sakinah, mawaddah dan warohmah, yang kesemua itu bermula dari membantu serta menolong siapapun yang belum menemukan pasangan hidupnya untuk dipertemukan secara islam dengan pasangannya menggunakan metode ta’aruf.

Maka, di tahun 2014 lah KOMUNITAS TA’ARUF MEMBANGUN UMAT mulai menambah sarana yang bersifat terbuka dengan membangun website dan jejaring sosial untuk mensosialisasikan kegiatan yang dilakukan, selain itu dibulan juni tahun 2014 KTMU juga mengadakan seminar dan talkshow pranikah yang pertama bersama Ust. Darlis Fajar sebagai Narasumber dan Kak Arief Adinoto Sebagai motivator dan trainer NAC yang cukup mendapatkan antusiasme besar dari kalangan masyarakat luas.

Visi dan Misi KTMU

Visi: Membangun kehidupan masyarakat madaniyah, taat kepada aturan islam dan segala aturan yang berlaku di negara Indonesia sehingga melahirkan keluarga yang sakinah, mawaddah dan warohmah

Misi: Membantu serta menolong siapapun yang belum menemukan pasangan hidupnya untuk dipertemukan secara islam dengan pasangannya menggunakan metode ta’aruf.

Kegiatan KTMU

  1. Pembinaan Rutin yang diadakan minimal 1 kali dalam sebulan bertempat di Graha Cerdas Mandiri, Alamat : Jl. Raya Tengah No.22 RT.008 / RW.008 Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo Jakarta Timur Tel : + (62) 21 8408229
  2. Interview dan wawancara bagi anggota yang baru mendaftar sekaligus bersosialisasi dengan anggota lain minimal 1 bulan sekali
  3. Pelaksanaan Taaruf : Berdasarkan kesiapan anggota yang telah dibina oleh pengurus KTMU
  4. Silaturahmi rutin yang diadakan setiap 1 bulan sekali yang dihadiri oleh pasangan yang sudah menikah sekaligus saling bersosialisasi untuk melakukan kegiatan-kegiatan sosial.
  5. Seminar Pra Menikah yang akan rutin diadakan Minimal 1 tahun sekali, pembicara akan diundang dari berbagai kalangan seperti Ustadz, Motivator, Penulis buku dan orang-orang yang bisa memberikan inspirasi bagi maju dan berkembangannya komunitas ini.

Lembaga Bantuan Hukum Bangun Kecerdasan Bangsa (LBH BKB), untuk pertama kalinya didirikan di Kota Jakarta, pada tanggal 14 Februari 2016.  Bertempat di Kantor Sekretariat Yayasan Bangun Kecerdasan Bangsa Jln. Raya Tengah No.22 RT. 008 RW.008 Kelurahan Gedong Kecamatan Pasar Rebo Kota Jakarta Timur Propinsi DKI Jakarta.

Lembaga ini didirikan untuk lebih memperkuat gerakan sosial memperjuangkan penegakan hukum, hak azasi manusia dan pembangunan hukum yang adil dan demokratis dalam hal memberikan bantuan hukum bagi rakyat miskin dangan mengusung Tema “Keadilan Untuk Rakyat”

Didasarkan pada pengalaman dan kemampuan dari sebagian besar aktifis lembaga ini yang secara terus menerus fokus bekerja memberikan bantuan hukum dan pembangunan kesadaran hukum dan hak-hak rakyat terhadap bangsa dan negara. Serta gerakan demokratisasi di Indonesia, maka pemikiran jangka panjang untuk melihat perspektif pembangunan masyarakat sipil yang sadar hukum dan paham untuk memperjuangkan hak-hak mereka didepan hukum secara damai dan saling menghargai perbedaan menjadi latar belakang pentingnya wadah gerakan yang bekerja lebih fokus lagi untuk pembangunan masyarakat hukum di Indonesia.

Selanjutnya Lembaga ini secara legal, tercatat sebagai lembaga yang memiliki kekuatan hukum berdasarkan Akta Notaris : Madona Kristiani Budiman,SH,Mkn No.4 Tanggal 19 April 2016.

 

Visi LBH BKB

Terbentuknya masyarakat Indonesia sebagai masyarakat yang sadar hukum, mengerti akan hak dan kewajibannya berdasarkan hukum, dan berperan aktif dalam membangun tatanan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara sesuai prinsip-prinsip negara hukum.

Misi LBH BKB

Memberi bantuan hukum kepada masyarakat miskin dan teraniaya secara cuma- cuma, tanpa membedakan suku, agama, ras, keturunan, keyakinan politik maupun latar belakang sosial dan budaya.


Donasi via WhatsApp