E-flyer Pemeriksaan dan Pengobatan 50 Warga Pinang Ranti

Pemeriksaan Kesehatan dan Pengobatan 50 Warga Pinang Ranti 

Wujud Peduli Kemanusiaan Yayasan Bangun Kecerdasan Bangsa

 

Kondisi pandemi Covid 19 yang telah berjalan lebih dari dua tahun dan belum dinyatakan selesai oleh WHO, selain membawa berbagai tantangan, ternyata juga bisa membawa dampak positif bagi masyarakat, salah satunya adalah meningkatnya kepedulian akan kesehatan fisik maupun mental. Menjaga tubuh tetap sehat adalah prioritas utama agar setiap individu dapat beraktivitas dan berkarya dengan optimal. Namun, gaya hidup saat ini yang serba cepat mengakibatkan kesehatan menjadi terabaikan.

 

Pemeriksaan Kesehatan dan Pengobatan Warga Pinang Ranti

Pemeriksaan Kesehatan dan Pengobatan Warga Pinang Ranti dilaksanakan pada 16 Juli 2022

 

Pada 16 Juli 2022, bertepatan dengan hari jadi YBKB ke-15, telah dilaksanakan Pemeriksaan Kesehatan (Medical Check Up) dan Pengobatan bagi warga sekitar kantor operasional YBKB di kawasan Pinang Ranti, Jakarta Timur. Kegiatan ini merupakan salah satu wujud peduli kemanusiaan dan pengabdian Yayasan Bangun Kecerdasan Bangsa bagi Negeri.

 

warga pinang ranti yang mengikuti pemeriksaan kesehatan dan pengobatan

Warga Pinang Ranti sedang menunggu rangkaian pemeriksaan kesehatan dan pengobatan

 

Menurut dr. Lynda Tri Hayuningtyas, Medical Check Up adalah pemeriksaan medis secara menyeluruh untuk kesehatan tubuh. Ini penting dilakukan agar dapat diketahui ada tidaknya penyakit di dalam tubuh seseorang. Tekanan darah, kadar kolesterol, asam urat dan gula darah merupakan beberapa hal yang dapat diketahui melalui medical check up. Dengan mengetahui data-data tersebut, dapat diambil kesimpulan apakah seseorang berada dalam kondisi sehat, sedang sakit atau berpotensi terkena penyakit tertentu di kemudian hari.

 

Salah satu warga sedang menjalani pemeriksaan kesehatan

Salah Satu warga Pinang Ranti sedang menjalani pemeriksaan kesehatan

 

Pemeriksaan Kesehatan dan Pengobatan 50 Warga Pinang Ranti dilaksanakan dengan teritib dan lancar, sesuai protokol kesehatan yang berlaku. Bagi Bapak H.Wino, ketua RW 01 Kelurahan Pinang Ranti, adanya pemeriksaan kesehatan ini sangat membantu masyarakat sekitar, terutama bagi kaum lanjut usia. Bagi lansia, terutama yang memiliki penyakit, memang diperlukan pemeriksaan menyeluruh secara berkala.

 

Konsultasi dokter sebagai salah satu bagian dari rangkaian Pemeriksaan Kesehatan dan Pengobatan

Konsultasi dokter merupakan bagian penting dalam rangkaian Pemeriksaan Kesehatan 

 

Sebelum dilaksanakan pemeriksaan, terlebih dahulu dilakukan penyuluhan bagi warga sekitar RW 01 Kelurahan Pinang Ranti oleh YBKB. Pada saat penyuluhan tersebut telah dijelaskan mengenai kesehatan dan teknis pelaksanaan pada saat hari pemeriksaan. Sehingga pada saat hari pemeriksaan, seluruh warga bisa mengikuti seluruh prosedur dengan baik. Setelah selesai mengikuti pemeriksaan kesehatan, bagi warga yang memiliki indikasi dan faktor resiko penyakit tertentu, diberikan pengobatan yang memadai sebagai langkah penanggulangan.

 

Pemberian obat bagi warga yang membutuhkan

Pemberian obat oleh tenaga kesehatan bagi warga yang membutuhkan

 

Kegiatan pemeriksaan kesehatan dan pengobatan ini dilaksanakan tidak hanya bagi warga sekitar kantor operasional YBKB. Pada bulan Juni, YBKB juga telah mengadakan kegiatan pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh bagi lebih dari 200 relawan Yayasan Bangun Kecerdasan Bangsa. Setelah pemeriksaan kesehatan, para relawan juga diberikan rekomendasi pengobatan dan pencegahan penyakit bagi yang memiliki faktor resiko penyakit. 

 

Warga yang mengikuti rangkaian pemeriksaan kesehatan juga mendapatkan jus buah dari IT's Buah untuk meningkatkan daya tahan tubuh

Warga Pinang Ranti yang telah mengikuti rangkaian Pemeriksaan Kesehatan mendapatkan jus dari IT’s Buah

 

Selama 15 tahun mengabdi bagi negeri, Yayasan Bangun Kecerdasan Bangsa telah melakukan berbagai aksi peduli kemanusiaan dengan tujuan utama peningkatan literasi bangsa. Tahun lalu, YBKB juga mengadakan pemeriksaan kesehatan bagi 100 lansia dan 10 penyandang polio. Kondisi kesehatan yang prima merupakan pondasi terbentuknya kecerdasan dan juga peningkatan literasi. Oleh karena itu, bertepatan dengan hari peringatan berdirinya Yayasan Bangun Kecerdasan Bangsa, telah selesai rangkaian program pemeriksaan kesehatan dan pengobatan bagi relawan dan juga warga sekitar kantor operasional YBKB. 

 

Segenap relawan yang bertugas sebagai panitia berfoto bersama setelah kegiatan usai

Relawan yang bertugas sebagai panitia kegiatan Pemeriksaan Kesehatan & Pengobatan bersama 50 Warga Pinang Ranti

 

Semoga upaya YBKB dalam menjaga kesehatan sebagai dasar terbentuknya kecerdasan dan juga peningkatan literasi dapat membawa dampak positif bagi masyarakat. Seperti yang dikatakan oleh Mahatma Gandhi, “Harta Sejati adalah Kesehatan, bukan emas dan perak,”

 

15 Tahun YBKB Mengabdi Untuk Negeri, Bangunkan Jiwa Cerdaskan Bangsa.


  Kembali