+

Mandirikan Yatim Yayasan Bangun Kecerdasan Bangsa (MY YBKB)

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh..

Sumber daya manusia (SDM) merupakan salah satu faktor kunci dalam persaingan global, yang artinya bagaimana menciptakan SDM yang berkualitas dan memiliki keterampilan serta berdaya saing tinggi dalam persaingan global saat ini. Globalisasi yang sudah pasti dihadapi oleh bangsa Indonesia menuntut adanya efisiensi dan daya saing dalam dunia usaha.

Karenanya pendidikan harus muncul sebagai solusi yang menjawab tantangan SDM di Indonesia. Seyogyanya para peserta didik mendapat bimbingan untuk menemukan jati diri sejatinya, bukan sebaliknya mendorong para peserta didik untuk mencapai suatu bentuk tertentu yang bukan sejatinya. Sudah saatya Indonesia beralih ke tahap yang lebih tinggi dari pendidikan berbasis kompetensi menjadi pendidikan berbasis karya.

Untuk menjawab tantangan ini, YBKB berinisiatif membuat sebuah program yang dapat meningkatkan skill yang dibutuhkan saat ini. Sekaligus juga dapat menerapkan skill tersebut agar bisa digunakan dalam menghadapi persaingan ditengah kemajuan dunia saat ini.

Program itu kami namakan Mandirikan Yatim Yayasan Bangun Kecerdasan Bangsa atau disingkat MY YBKB. Program ini kami tujukan kepada para remaja yatim berumur 16-20 Tahun agar mereka siap dan optimis dalam menjemput masa depan mereka.

Logo MY YBKB (black)

MENGAPA YATIM ??

Kami ingin program ini bukan hanya bersifat mengembangkan skill semata, tetapi kami juga ingin agar program ini tepat sasaran. Artinya tepat sasaran disini adalah mereka yang tidak hanya membutuhkan tapi juga memiliki berbagai keterbatasan dalam memperoleh kesempatan yang ada. Dan kami melihat remaja dalam kondisi yatim memiliki keterbatasan antara lain; kondisi psikologis tanpa ayah, kondisi finansial yang kurang, kondisi terbatas dalam memperoleh informasi, dan lain-lain. Sehingga kami fokuskan program ini kepada para remaja yatim yang memang layak dan membutuhkan (sesuai kriteria dan lolos verifikasi).

Tujuan dari Program MY YBKB antara lain:

1. Peningkatan jumlah kemandirian yatim, agar mampu bersaing dalam persiangan global.
2. Terbuka pola pikir serta termotivasi mewujudkan impian/ cita-citanya.
3. Sadar dan mengembangkan potensi asli dirinya.
4. Memiliki bekal keterampilan dasar dan pengalaman.
5. Memperoleh penghasilan yang cukup.
6. Mampu memberikan manfaat kepada lingkungannya.

KONSEP PROGRAM

Konsep Program MY YBKB secara garis besar adalah upaya sadar dan terencana dalam bentuk bimbingan dan pelatihan kepada anak dalam kondisi yatim, agar mendapat kesempatan untuk menggapai cita-citanya.

Metode yang digunakan akan berbasis Ilmu dan Pengetahuan. Peserta akan mendapat ilmu dengan menjalani rangkaian simulasi dan bimbingan mentor, dan peserta akan mendapat pengetahuan dengan rangkaian pelatihan dari berbagai sumber yang mumpuni. Dalam bahasa lain metode yang digunakan adalah Teori-Praktek.

launching-mandirikan-yatim

Launching Program Mandirikan Yatim, Ahad 29 Oktober 2017

FASE PROGRAM MY YBKB

Program MY YBKB akan terbagi dalam 3 fase tahapan. Yaitu GALI, CERDASKAN, MANDIRIKAN.

1. FASE GALI
Bertujuan untuk menggali Potensi diri, membuka Mindset, serta penetapan Goal Setting

2. FASE CERDASKAN
Fase penguatan Aqidah & Pengetahuan Islam, penguatan Potensi Diri, dan pembekalan keterampilan.

3. FASE MANDIRIKAN (Mentoring)
Berupa kegiatan mingguan (Simulasi & Mentoring), presentasi karya untuk Indonesia, dan melaksanakan project/ kegiatan.

Kami segenap TIM YBKB sangat berharap dukungan dari berbagai pihak demi suksesnya program ini. Semoga program MY YBKB ini dapat menjadi langkah kita bersama dalam mewujudkan Generasi yang berakhlak, berilmu, dan juga dapat bermanfaat bagi Bangsa dan Negara. Amin Ya Robbalalamiin.