‘Give a man a fish and he will eat for a day. Teach a man how to fish and you feed him for a lifetime.’ Ini adalah sebuah pepatah yang cukup populer. 

Jika diartikan, kira-kira akan seperti ini: Berikan seekor ikan pada seseorang, maka dia akan makan dalam 1 hari. Ajari seseorang cara untuk memancing, maka kita dapat memberikan dia makanan selama seumur hidup. 

Hal inilah yang menjadi alasan dibuatnya program “Mandirikan Yatim dengan Hidroponik” bagi adik-adik yatim binaan YBKB. YBKB ingin memberikan keahlian dan kemampuan bagi mereka sehingga mereka dapat mandiri secara diri dan ekonomi dengan keahlian yang diberikan oleh YBKB. 

Salah satu keahlian yang YBKB berikan adalah dengan memberikan pelatihan dan perlengkapan hidroponik bagi adik-adik yatim binaan YBKB agar kelak mereka dapat mengembangkan hidroponik dan menjalankan perekonomian melalui hidroponik. 

Alhamdulillahirabbil’alamin, atas izin Allah SWT dan dukungan serta doa sahabat Dermawan, peresmian dan pelatihan “Mandirikan Yatim dengan Hidroponik” berjalan dengan lancar dan baik. 

Peresmian program yang diselenggarakan oleh bidang YBKB Environment Savior (YES) berjalan dengan lancar pada Hari Sabtu, 28 Agustus 2021 di Kantor Sekretariat Yayasan Bangun Kecerdasan Bangsa di daerah Pasar Rebo, Jakarta Timur. 

Registrasi Peserta Hidroponik

Acara peresmian “Mandirikan Yatim dengan Hidroponik” dimulai dengan registrasi oleh para peserta adik-adik yatim yang berjumlah 15 orang. Jumlah peserta pelatihan hidroponik dibatasi mengingat saat ini masih diberlakukan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Perkantoran (PPKM) oleh pemerintah guna menghindari penyebaran virus Covid-19. 

Protokol kesehatan pun diterapkan secara ketat di lokasi. Seluruh peserta pelatihan dan panitia diwajibkan menggunakan masker dan diukur suhu tubuhnya sebelum memasuki lokasi acara. 

Sambutan 

Acara di pagi yang cerah ini dibuka oleh MC dan dilanjutkan dengan sambutan dari YBKB yang diwakili oleh Pak Marctriyandi Leksmana, selaku wakil ketua YBKB:

“Kegiatan ini sebagai sarana untuk YBKB memperluas penerima manfaat dengan kegiatan yang bersifat edukatif. Harapannya setiap peserta dapat mempraktekkannya di rumah masing-masing dengan paket yang diberikan agar berkembang hingga bisa mempunyai nilai ekonomi.” 

Setelah sambutan dari YBKB, acara dilanjutkan dengan pemberian sambutan oleh Ketua RT 08 Kelurahan Gedong, Pak Mayadi. Pak Mayadi menyampaikan bahwa Beliau sangat berterima kasih dan senang dengan adanya kegiatan hidroponik yang dijelaskan dan dipraktikkan secara langsung karena sebelumnya belum pernah ada kegiatan seperti ini di wilayah Kelurahan Gedong. 

Alhamdulillah sambutan dari perwakilan YBKB dan tokoh masyarakat di wilayah sekretariat membuat seluruh peserta dan panita semakin semangat untuk menjalani kegiatan pelatihan hidroponik. 

Peresmian “Mandirikan Yatim dengan Hidroponik”

 Acara selanjutnya adalah peresmian “Mandirikan Yatim dengan Hidroponik” dengan penyerahan bibit hidroponik secara simbolis oleh perwakilan YBKB, perwakilan tokoh masyarakat dan 2 peserta pelatihan hidroponik. 

Alhamdulillah dengan penyerahan secara simbolis ini menjadi awal dari dimulainya pelatihan hidroponik untuk adik-adik yatim binaan YBKB. Insya Allah dengan pelatihan ini, adik-adik yang menjadi peserta pelatihan dapat memiliki keahlian di bidang hidroponik dan dapat mengembangkannya.  

Pelatihan Hidroponik

Setelah peresmian secara simbolis selesai, acara berikutnya adalah pelatihan hidroponik kepada 15 adik-adik yatim binaan YBKB. Alhamdulillah kegiatan ini disambut dengan antusias dan semburat senyuman terpancar dari mata mereka. Ada guratan-guratan senyum di wajah mereka meskipun tertutup masker. 

 

 

Selanjutnya dilakukan pelatihan hidroponik yang diberikan oleh Bang Syahrul, praktisi hidroponik untuk ke-15 anak-anak yatim yang berusia sekitar 14-17 tahun. 

Materi yang pertama disampaikan oleh Bang Syahrul adalah tentang dasar-dasar tanaman hidroponik dan komoditas apa saja yang dapat ditanam dengan sistem hidroponik. 

Yang kedua adalah penjelasan cara menanam buah hidroponik dengan metode Dutch Bucket System yang akan dipraktikkan di kantor sekretariat YBKB. Buah yang akan ditanam adalah anggur, melon dan labu madu. 

Penjelasan yang ketiga adalah tentang cara menanam sayur secara hidroponik dengan metode bak penampungan. Selanjutnya masing-masing anak akan mempraktikkan penanaman sayur dengan sistem hidroponik ini di rumah mereka masing-masing. 

Pemberian Paket Hidroponik

Setelah mendapatkan ilmu dan pengetahuan, semua anak-anak yang mengikuti pelatihan diberikan 1 paket hidroponik. Tujuannya agar mereka dapat langsung mempraktikkan apa yang mereka pelajari di rumah mereka masing-masing. 

“Tanpa ilmu, amal tidak ada gunanya. Sedangkan ilmu tanpa amal adalah hal yang sia-sia.” – Abu Bakar Ash Shiddiq

Masing-masing anak yang menjadi peserta pelatihan mendapatkan 1 paket starter kit hidroponik yang terdiri dari:

  • Bak + Penutup
  • Rockwool
  • Benih kangkung dan bayam
  • Pupuk cair sayuran AB mix 
  • Nampan semai
  • Buku panduan cara menyemai sampai merawat tanaman
  • Netpot 5cm dan sumbu kain flanel

Penutupan 

Acara ditutup dengan pembacaan doa, semoga seluruh kegiatan yang dilaksanakan dapat membawa manfaat dan keberkahan bagi para peserta pelatihan. Serta tidak lupa juga untuk mendoakan negeri ini. Semoga Allah SWT segera membebaskan negeri ini dari ujian dan cobaan melalui pandemi Covid-19. 

Seluruh keluarga besar YBKB mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada seluruh panitia dan orang-orang yang terkait sehingga acara “Mandirikan Yatim dengan Hidroponik” dapat berjalan dengan baik dan lancar atas izin Allah SWT. 

Terima kasih yang seluas-luasnya kami ucapkan kepada para sahabat Dermawan yang mendukung program YBKB melalui kepedulian dan kemurahan hati para sahabat Dermawan. Tanpa dukungan dan doa dari para sahabat Dermawan, mustahil seluruh kegiatan YBKB dapat berjalan dengan lancar. 

Mudah-mudahan dengan dukungan dan doa dari para sahabat Dermawan, YBKB dan sahabat Dermawan dapat membangun generasi yang cerdas dan mandiri. Aamin ya rabbal’alamiin. 

“Dan hendaklah takut (kepada Allah) orang-orang yang sekiranya mereka meninggalkan keturunan yang lemah di belakang mereka yang mereka khawatir terhadap (kesejahteraan)nya. Oleh sebab itu, hendaklah mereka bertakwa kepada Allah, dan hendaklah mereka berbicara dengan tutur kata yang benar.” (An Nisa Ayat 9)

 


  Kembali