Khitan merupakan hal yang ditunggu oleh anak-anak laki Muslim sebagai bentuk melaksanakan perintah Allah SWT dan sebagai tanda peralihan menjadi remaja.

Khitan sendiri termasuk dari lima fitrah yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW seperti dalam hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Imam Muslim, “Fitrah ada lima, yaitu khitan, mencukur rambut kemaluan, menggunting kumis, memotong kuku dan mencabut rambut ketiak.”

Selain atas dasar mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan melaksanakan perintahNya untuk berkhitan, ternyata berkhitan memiliki banyak manfaat dari segi kesehatan, seperti mengurangi risiko infeksi penyakit seksual menular, infeksi saluran kemih dan kanker penis serta menjaga kesehatan dan kebersihan kemaluan.

Oleh karena itulah khitan disarankan untuk segera dilaksanakan pada anak laki-laki sebelum beranjak dewasa, bahkan saat ini ada beberapa kasus anak laki-laki harus dikhitan saat berusia dibawah 1 tahun dengan alasan kesehatan.

Namun sayangnya saat ini biaya untuk khitan masih termasuk mahal dengan kisaran biaya mulai dari Rp500.000 – Rp1.000.000 tergantung jenis khitan yang dipilih. Nominal yang cukup besar bagi sebagian orang, apalagi untuk mereka yang sangat terdampak oleh Pandemi Covid-19.

Beberapa orang tua terpaksa menunda untuk mengkhitan anaknya dengan alasan belum ada biaya, terlebih lagi di masa pandemi yang membuat harus berpikir keras untuk menghasilkan uang guna biaya khitan. Padahal untuk mengisi perut setiap harinya pun mereka harus bekerja banting tulang.

Berangkat dari kepedulian atas keresahan yang dirasakan oleh para orangtua yang belum mampu untuk mengkhitan anak laki-lakinya, YBKB menginisiasi program Khitanan Massal 2021 yang digalang oleh bidang Kemanusiaan (YBKB for Humanity).

Khitanan Massal 2021: Anak Sehat, Harapan Bangsa

Alhamdulillah atas izin Allah SWT dan dukungan serta doa dari para sahabat Dermawan, YBKB for Humanity (YOU) program Khitanan Massal 2021 terselenggara dengan baik dan lancar. Alhamdulillaahirabbil’aalamiin.

Khitanan Massal tahun ini dilaksanakan di Kantor Pusat YBKB yang berlokasi di Graha Cerdas Mandiri, Pasar Rebo, Jakarta Timur pada Hari Minggu, 26 Desember 2021.

Alhamdulillah matahari bersinar cerah sejak pagi seolah menyambut para peserta yang semangat untuk melaksanakan syariat Islam, yaitu berkhitan.

Pelaksanaan Khitanan Massal

Guna menghindari terjadinya kerumunan dan mencegah penyebaran virus COVID-19, pelaksanaan Khitanan pada 50 peserta dilaksanakan dengan pembagian menjadi 5 kloter dengan rincian 1 kloter terdiri dari 10 anak dengan 1 orang pendamping setiap anaknya.

Seluruh 50 peserta Khitanan Massal diwajibkan untuk mengikuti prosedur Swab Antigen H-1 sebelum hari H sebagai bentuk pencegahan penyebaran Covid-19 saat pelaksanaan Khitanan Massal.

Registrasi

Sebelum melakukan registrasi ulang, seluruh peserta Khitanan Massal beserta pendampingnya wajib mencuci tangan di tempat yang sudah disediakan dan di cek suhu tubuhnya.

Selesai registrasi, para peserta dan pendamping diberikan snack lalu dipersilakan untuk menunggu giliran dikhitan di area yang sudah disediakan oleh panitia.

Menyanyikan Lagu Indonesia Raya 3 Stanza

Acara dibuka oleh MC dan kemudian dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya 3 Stanza untuk menimbulkan rasa semangat, cinta dan bangga menjadi bangsa Indonesia.

Seluruh peserta beserta pendamping turut berdiri dan menyanyikan lagu kebangsaan Republik Indonesia hingga menciptakan suasana haru dan khidmat di lokasi pelaksanaan Khitanan Massal.

Sambutan-Sambutan

Usai menyanyikan lagu kebangsaan, seluruh peserta dipersilakan untuk kembali duduk.

Acara dilanjutkan dengan pemberian sambutan-sambutan oleh berbagai tokoh masyarakat yang telah menyempatkan diri untuk turut hadir memberikan dukungan pada program Khitanan Massal yang diadakan oleh YBKB.

Sambutan diawali oleh Pak M. Ichwana selaku perwakilan dari YBKB. Beliau menyampaikan alhamdulillah acara Khitanan Massal yang rutin dilaksanakan oleh YBKB dalam waktu 5 tahun terakhir selalu mendapatkan sambutan yang baik dari masyarakat.

Selain itu, banyak sekali peserta yang antusias untuk mengikuti program dari YBKB ini tiap tahunnya.

Setelah sambutan diberikan oleh Pak M. Ichwana, sambutan dilanjutkan oleh Ketua RT 08, Ustad Mayadi yang menyampaikan rasa terima kasih atas kepada YBKB dan para sahabat Dermawan yang telah menyelenggarakan Khitanan Massal yang sangat membantu banyak masyarakat, khususnya warga Kampung Gedong.

Usai sambutan oleh Ustad Mayadi, acara dilanjutkan dengan sambutan oleh Ketua RW 8, Bapak Abdul Hakim yang mengucapkan banyak terima kasih kepada YBKB dan para sahabat Dermawan yang selalu memberikan manfaat kepada orang banyak.

Sambutan terakhir diberikan oleh Kapolsek Pasar Rebo, Bapak Kustam yang sangat mendukung berjalannya program Khitanan Massal 2021 yang diadakan oleh YBKB.

Selain itu, ucapan terima kasih juga disampaikan oleh Bapak Kustam karena YBKB telah menjadi yayasan sosial yang telah banyak membantu warga lingkungan Gedong.

Beliau juga mengajak salah satu peserta khitan untuk naik ke atas panggung untuk menyebutkan isi proklamasi dan memberikan hadiah berupa uang tunai kepada anak tersebut.

Sembari menunggu dan menghilangkan ketegangan serta ketakutan para peserta Khitanan Massal, panitia menyediakan arena bermain yang berisi berbagai permainan untuk para peserta.

Selain itu, panitia juga menayangkan video untuk peserta agar mereka dapat lebih rileks saat menunggu giliran mereka.

Proses Khitan

Teknis pelaksanaan khitan, setiap kloter yang terdiri dari 10 peserta akan memasuki area tunggu dan 2 peserta akan dipanggil secara bergantian untuk dikhitan oleh tim medis.

Sembari menunggu dan menghilangkan ketegangan serta ketakutan para peserta Khitanan Massal, panitia menyediakan arena bermain yang berisi berbagai permainan untuk para peserta.

Selain itu, panitia juga menayangkan video untuk peserta agar mereka dapat lebih rileks saat menunggu giliran mereka.

Bagi peserta yang akan dikhitan diberikan seperangkat pakaian koko dan sarung yang dapat langsung digunakan saat sebelum dikhitan sehingga mempermudah untuk proses khitan.

 

Usai dikhitan, para peserta diberikan obat dan diberikan penjelasan untuk perawatan luka setelah khitan agar tidak terjadi infeksi dan lekas pulih.

Sebelum pulang ke rumah, seluruh peserta diberikan sembako dan santunan oleh panitia sebagai bentuk kepedulian dan apresiasi atas keberanian mereka dalam mengatasi ketakutan dan keraguan yang terpancar dari ekspresi wajah mereka saat menunggu giliran mereka.

Alhamdulillaahirabbil’aalamiin seluruh rangkaian program Khitanan Massal tahun ini berjalan dengan baik dan lancar tanpa hambatan yang berarti.

Wajah bahagia dan sumringah terpancar dari para peserta dan pendampingnya karena telah melaksanakan perintah dari Allah SWT.

Rasa terima kasih dan syukur tak henti diucapkan oleh para peserta beserta orangtua mereka kepada para sahabat Dermawan, para relawan dan seluruh pihak terkait yang turut membantu agar program ini dapat berjalan dengan baik.

Seluruh keluarga besar Yayasan Bangun Kecerdasan Bangsa mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya atas kepedulian dan kebaikan hati para sahabat Dermawan atas dukungan dan doanya untuk program Khitanan Massal 2021.

Terima kasih juga kami ucapkan sebesar-besarnya kepada perwakilan tokoh masyarakat yang telah menyediakan waktunya untuk turut hadir mendukung acara Khitanan Massal 2021: Anak Sehat, Harapan Bangsa.

Semoga seluruh ketulusan hati dan doa-doa para sahabat Dermawan, panitia, relawan dan seluruh pihak yang terkait mendapatkan balasan kebaikan dan keberkahan yang berlimpah dari Allah SWT.

Semoga kita semua diberikan perlindungan oleh Allah SWT dari segala marabahaya dan bencana. Aamiin ya rabbal’alamiin.

 


  Kembali