hero

Harus Tahu, Ini Dampak Positif dan Negatif Game Online!

2 January 2023 |Artikel

Harus Tahu, Ini Dampak Positif dan Negatif Game Online!

Bermain game online adalah kegiatan yang mengasyikkan, bahkan bisa bikin lupa waktu dan kecanduan. Tidak heran jika dampak negatif game online menjadi momok tersendiri khususnya bagi orang tua yang memiliki anak gemar bermain game. 

Padahal jika dikelola dengan benar, terdapat banyak manfaat bermain game online. Presiden Joko Widodo pun mendorong perkembangan industri game agar Indonesia tidak hanya menjadi target market industri game dunia.

Melansir Katadata, riset yang dilakukan Vero dan Decision Lab menunjukkan bahwa 52 juta orang Indonesia bermain game secara konsisten. Sekitar 82% pemain game menyatakan senang bermain secara online. Pemain game didominasi kelompok usia 26-37 tahun dan 68% di antaranya memiliki penghasilan rata-rata Rp10 juta per bulan.

Riset New Zoo menyebutkan nilai ekonomi game di Indonesia mencapai US$1,7 miliar pada tahun 2020 dengan jumlah pengguna internet sebanyak 202,6 juta atau setara 73% populasi Indonesia.

Secara definisi, game online adalah permainan di komputer maupun smartphone yang terkoneksi dengan jaringan internet sehingga antara pemain satu dengan yang lainnya dapat terhubung secara real time. Beberapa jenis permainan tersebut berkembang menjadi olahraga elektronik yang disebut esports.

Kemajuan industri game online yang cukup pesat mendatangkan potensi yang bisa dikembangkan. Bahkan tidak sedikit game menghasilkan uang yang bisa langsung ditransfer ke rekening bank maupun e-wallet.

Di samping tetap waspada terhadap dampak negatif game online, sebaiknya pertimbangkan juga dampak positif game online. Berdasarkan penelusuran dari berbagai sumber, berikut dampak positif dan negatif game online yang bisa menjadi bahan pertimbangan.

Dampak Positif Game Online

Manfaat bermain game online dapat diperoleh anak-anak maupun orang dewasa, asalkan tetap mematuhi batasan screen time yang disarankan WHO. Screen time adalah waktu yang dihabiskan untuk menatap layar elektronik, seperti smartphone, laptop, komputer, dan lain-lain.

Dampak positif game online antara lain:

1. Mengurangi Stres

Suntuk dengan rutinitas pekerjaan yang membosankan? Kamu perlu refreshing sejenak dengan kegiatan yang disukai. Bermain game online dapat menjadi hiburan yang membantu mengurangi stres.

Bermain game online dapat merangsang produksi hormon dopamin di tubuh. Suasana hati dapat meningkat dan kamu akan merasa lebih bahagia. Setelah bermain game secukupnya kamu bisa kembali beraktivitas dengan pikiran yang lebih segar.

2. Meningkatkan Konsentrasi

Bermain game online bermanfaat untuk meningkatkan konsentrasi. Bukan hanya untuk anak-anak, manfaat ini bisa dirasakan orang dewasa dan lansia yang butuh latihan otak guna menurunkan risiko demensia. 

Beberapa game bahkan telah dirancang khusus untuk melatih otak dan meningkatkan konsentrasi, contohnya game Peak, Elevate, Lumosity, Fit Brain Trainer, dan semacamnya.

3. Melatih Pengendalian Emosi

Dampak positif game online lainnya adalah melatih pengendalian emosi. Saat bermain game online kita dihadapkan dengan tantangan-tantangan yang memacu adrenalin. Kemenangan dan kekalahan yang dialami dalam permainan game online dapat melatih pengendalian emosi.

Anak-anak yang bermain game emosinya dapat lebih stabil dalam menghadapi kejadian di dunia nyata. Sehingga respons yang ditampilkan lebih rileks serta tidak mudah  cemas saat menangani masalah.

4. Meningkatkan Kreativitas

Salah satu manfaat bermain game online yaitu meningkatkan kreativitas. Orang yang terbiasa bermain game akan terlatih menyusun strategi dan berpikir kreatif agar bisa memenangkan permainan.

Terdapat game online yang dirancang khusus untuk mengasah kreativitas anak-anak, seperti game menggambar, mewarnai, sampai game membangun perkotaan lengkap dengan segala fasilitasnya.

5. Melatih Pengambilan Keputusan

Melatih pengambilan keputusan dengan cepat dan tepat merupakan salah satu dampak positif game online yang sangat penting. Dengan bermain game kita akan terbiasa mengambil keputusan dengan cepat agar tidak kehilangan momentum yang menguntungkan.

6. Menghasilkan Uang

Bisakah game menghasilkan uang? Tentu saja. Untuk ranah profesional, kamu bisa berkarir di industri game sebagai game designer, game programmer, game tester, creative editor, atlet esports, dan lain-lain.

Menjadikan game sebagai sumber penghasilan tambahan juga dapat dilakukan. Ada beberapa game menghasilkan uang yang bisa kamu mainkan, diantaranya Hago, ClipClap, Market Glory, Coin republic, dan semacamnya.

Dampak Negatif Game Online

Meskipun terdapat banyak manfaat bermain game online, dampak negatifnya tetap harus diperhatikan. Kamu perlu mengetahui apa saja dampak negatif game online agar bisa mewaspadainya.

Dampak negatif game online bagi kesehatan fisik dan mental antara lain:

1. Mengganggu Kesehatan Mata

Salah satu risiko yang mengintai jika terlalu lama bermain game online adalah terganggunya kesehatan mata. Menatap layar smartphone dan komputer tanpa jeda karena keasyikan bermain game dapat membuat mata lelah, kering, dan otot mata menjadi tegang. Dalam jangka panjang bisa terjadi masalah kesehatan mata yang lebih serius.

Sebaiknya kamu disiplin mengistirahatkan mata secara berkala ketika bekerja maupun bermain game di depan laptop maupun smartphone. Alihkan pandangan dari layar gadget selama 20 detik setiap 20 menit sekali. Kemudian setelah menatap layar monitor selama 2 jam, istirahatkan mata selama 15 menit.

2. Munculnya Masalah Otot dan Persendian

Dampak negatif game online lainnya adalah munculnya masalah otot dan persendian. Terlalu lama duduk apalagi dengan posisi kepala menunduk rentan menimbulkan otot kaku, nyeri sendi, serta gangguan kesehatan lainnya.

Sangat disarankan untuk menggunakan kursi ergonomis yang sesuai dengan postur tubuhmu agar tidak cepat lelah saat bermain game online. Ada baiknya kamu juga memasang pengingat setiap 30 menit untuk berdiri sejenak dan berjalan sebentar.

3. Kurang Bersosialisasi Tatap Muka

Terlalu fokus bermain game membuat seseorang sulit terlepas dari gadget-nya. Bahkan bisa jadi malah melakukan phubbing, yakni mengabaikan orang lain di hadapannya karena asyik sendiri memainkan gadget.

Kurang bersosialisasi tatap muka merupakan dampak negatif game online yang perlu diwaspadai. Bagaimanapun kita tetap membutuhkan interaksi secara langsung dengan orang di sekitar kita. Sebaiknya kita batasi penggunaan gadget saat sedang bersama orang lain.

4. Memicu Halusinasi

Dampak negatif game online selanjutnya yakni memicu halusinasi. Mengutip Detik.com, sebuah survei menyebutkan bahwa lebih dari 1200 orang yang bermain game online rentan mengalami halusinasi.

Angelica Ortiz de Gortari dari Nottingham Trent University Inggris mengungkapkan bahwa pikiran para gamer seolah melihat dan mendengarkan apa yang mereka harapkan dari game yang dimainkan. Hal ini dikarenakan objek dan peristiwa yang terstimulasikan pada game online berubah menjadi objek yang evokatif.

5. Insomnia

Insomnia atau kesulitan tidur menjadi ancaman tersendiri jika bermain game online secara berlebihan. Hal ini disebabkan terlalu lama menatap layar gadget dapat menghambat produksi hormon melatonin yang berfungsi mengatur jadwal tidur. Akibatnya seseorang dapat mengalami insomnia pada malam harinya.

Sangat penting untuk mengetahui batas toleransi tubuh dalam melakukan sesuatu. Bermain game terlalu lama hingga kecanduan tentu tidak baik untuk kesehatan secara keseluruhan. Berikan jeda yang cukup saat bermain game agar terhindar dari insomnia.

Berkarir di bidang game online adalah keputusan yang bisa dipilih jika kamu ingin menekuninya. Berbagai manfaat bermain game online dapat dirasakan, sekaligus bisa mendatangkan cuan.

Tidak ada salahnya juga jika kamu bermain game online sebatas untuk hiburan. Namun perlu diingat untuk tetap memperhatikan dampak negatif game online agar kesehatan fisik dan mentalmu tidak terganggu.

 

Baca Juga Artikel Lainnya