Hari Pahlawan dan Sistem Pendidikan

5 November 2024|Artikel|Bagikan :

Hari Pahlawan selalu menjadi momen penuh makna bagi masyarakat Indonesia. Setiap tanggal 10 November, suasana patriotisme terasa kental. Hal ini terlihat dari beragam kegiatan peringatan yang diadakan di berbagai daerah. Mulai dari upacara bendera, seminar sejarah, hingga lomba-lomba bertema kepahlawanan yang melibatkan pelajar maupun masyarakat umum. 

Euforia ini tak hanya sebagai penghormatan atas jasa para pahlawan. Tetapi juga sebagai bentuk edukasi yang mengingatkan generasi muda tentang perjuangan dan pengorbanan para pahlawan dalam membela bangsa.

Namun, peringatan Hari Pahlawan seharusnya tidak berhenti pada sekadar perayaan seremonial. Penting bagi kita untuk lebih dalam menggali sejarah Hari Pahlawan dan memahami makna yang terkandung di balik perjuangan mereka. 

Berbagai upaya bisa dilakukan seperti memperkuat literasi tentang pahlawan singkat di berbagai institusi, khususnya di lingkungan sekolah. Kegiatan ini tidak hanya melibatkan siswa dalam mengingat jasa pahlawan, tetapi juga memupuk semangat juang dan cinta tanah air yang lebih mendalam.

Sejarah dan Tema Hari Pahlawan 2024

Sejarah Hari Pahlawan berakar dari pertempuran besar di Surabaya pada 1945. Setelah proklamasi kemerdekaan, pasukan sekutu yang terdiri dari Inggris dan NICA datang ke Surabaya dengan tujuan melucuti tentara Jepang dan mengamankan tawanan perang. 

Namun, kedatangan sekutu justru memicu ketegangan, terutama ketika mereka menuntut rakyat Surabaya menyerahkan senjata. Tuntutan ini ditolak keras oleh rakyat Surabaya yang dipimpin oleh Bung Tomo dan didukung ulama serta pemuda setempat.

Pertempuran sengit meletus pada akhir Oktober 1945 dan mencapai puncaknya ketika Brigjen Mallaby, komandan Inggris, tewas dalam bentrokan. Insiden ini membuat Inggris mengeluarkan ultimatum agar rakyat Surabaya menghentikan perlawanan dan menyerahkan senjata. 

Penolakan terhadap ultimatum tersebut akhirnya memicu serangan besar-besaran pada 10 November 1945. Tentara Inggris melakukan serangan dari darat, laut, dan udara. Meskipun berhadapan dengan senjata modern dan pasukan yang lebih kuat, rakyat Surabaya memberikan perlawanan hebat yang penuh pengorbanan. 

Kota Surabaya kemudian dikenal sebagai Kota Pahlawan. Sementara peristiwa 10 November dikenang sebagai simbol keberanian dan semangat juang bangsa. Sejarah ini menjadi dasar penetapan Hari Pahlawan melalui Keputusan Presiden No. 316 Tahun 1959. 

Penetapan Hari Pahlawan bertujuan untuk memperkuat ingatan kolektif bangsa akan jasa para pahlawan yang berkorban demi kemerdekaan. Peringatan ini diharapkan dapat menumbuhkan rasa cinta tanah air dan meneladani nilai-nilai kepahlawanan dalam kehidupan sehari-hari. 

Setiap tahunnya, terdapat tema khusus yang mengarahkan makna peringatan ini. Tema Hari Pahlawan 2024 adalah “Teladani Pahlawanmu, Cintai Negerimu.” Tema ini bertujuan menginspirasi masyarakat untuk mengambil semangat dan teladan dari pahlawan dalam membangun negeri sesuai peran masing-masing.

Mengenal Tokoh Pahlawan di Bidang Pendidikan

Lebih dari sekadar mengenang, peringatan Hari Pahlawan bertujuan mengajak masyarakat untuk aktif meneladani sikap dan nilai-nilai kepahlawanan. Literasi tentang pahlawan singkat harus diperkenalkan kepada generasi muda agar mereka mengenal tokoh-tokoh bersejarah yang mengorbankan diri demi kemerdekaan bangsa. 

Melalui cerita dan teladan pahlawan, anak-anak dan remaja diharapkan bisa terinspirasi untuk menjadi warga negara yang berani dan cinta tanah air. Kesadaran ini penting dalam menghadapi tantangan zaman yang semakin kompleks, di mana semangat kebersamaan dan pengorbanan harus selalu ada di tengah masyarakat.

Literasi tentang pahlawan singkat dapat kita mulai dari mengenal tokoh pahlawan yang sangat berjasa dalam bidang pendidikan, di antaranya:

  • Ki Hajar Dewantara

Ki Hajar Dewantara memiliki nama asli Raden Mas Soewardi Soerjadiningrat. Beliau adalah tokoh utama di bidang pendidikan Indonesia dan dikenal sebagai Bapak Pendidikan Nasional. Ia mendirikan Perguruan Nasional Taman Siswa pada 1922 sebagai bentuk perlawanan terhadap ketidakadilan pendidikan kolonial. 

Ki Hajar Dewantara diangkat sebagai Pahlawan Nasional melalui Keputusan Presiden No. 305 Tahun 1959. Ajaran Ki Hajar Dewantara seperti “Tut Wuri Handayani, Ing Madya Mangun Karsa, dan Ing Ngarso Sung Tulada,” menjadi dasar filosofi dalam sistem pendidikan Indonesia hingga kini. 

  • K.H. Hasyim Asy’ari

K.H. Hasyim Asy’ari lahir pada 14 Februari 1871. Beliau adalah pendiri Nahdlatul Ulama (NU) dan tokoh penting dalam sejarah pendidikan Islam di Indonesia. Sepulang dari Mekkah, ia mendirikan pesantren besar di Jawa, Pondok Pesantren Tebuireng, yang menjadi pusat pendidikan Islam bagi masyarakat. 

K.H. Hasyim Asy’ari menginspirasi banyak generasi muda untuk memperjuangkan agama dan bangsa. Sebagai pemrakarsa pendidikan Islam, Hasyim Asy’ari diangkat sebagai Pahlawan Nasional. 

  • K.H. Ahmad Dahlan

Lahir pada 1 Agustus 1868, K.H. Ahmad Dahlan yang dikenal sebagai pendiri Muhammadiyah. Organisasi ini berfokus pada pembaruan pendidikan dan pengajaran Islam. Ia mendirikan sekolah-sekolah dengan kurikulum yang memadukan pendidikan agama dan umum, sebuah langkah revolusioner pada zamannya. 

Berkat usaha kerasnya, kini banyak sekolah dan perguruan tinggi Muhammadiyah tersebar di seluruh Indonesia. K. H. Ahmad Dahlan menjadi inspirasi besar dalam pengembangan sistem pendidikan Islam di Indonesia. Perjuangannya dalam bidang pendidikan diakui oleh negara dengan gelar Pahlawan Nasional melalui SK Presiden No. 657 Tahun 1961. 

Peran Hari Pahlawan dalam Sistem Pendidikan

Penerapan nilai-nilai kepahlawanan perlu didukung oleh sistem pendidikan nasional yang konsisten dalam menanamkan semangat cinta tanah air di sekolah-sekolah. Dengan mengintegrasikan tema Hari Pahlawan dan nilai kepahlawanan dalam kurikulum, peringatan ini menjadi lebih bermakna dan bukan hanya seremonial semata. 

Beberapa peran Hari Pahlawan dalam sistem pendidikan antara lain:

  • Menguatkan Nasionalisme Siswa

Hari Pahlawan berperan penting dalam menanamkan nasionalisme di kalangan siswa. Melalui kegiatan seperti upacara, diskusi, atau karya tulis, siswa diajak untuk memahami arti pengorbanan para pahlawan. 

  • Menanamkan Nilai Kepahlawanan sebagai Teladan

Nilai-nilai kepahlawanan seperti keberanian, ketulusan, dan kegigihan dikenalkan pada siswa melalui tema Hari Pahlawan yang diusung setiap tahun. Nilai ini dapat dijadikan inspirasi dalam menghadapi tantangan sehari-hari di sekolah dan lingkungan sosial.

  • Memperkuat Literasi Sejarah dan Kepahlawanan

Hari Pahlawan menjadi momen untuk meningkatkan literasi tentang pahlawan singkat bagi siswa. Dengan mengenalkan tokoh-tokoh penting dan peristiwa bersejarah, siswa mendapatkan pemahaman yang lebih dalam tentang perjuangan bangsa dan nilai-nilai yang perlu dijaga.

  • Mendorong Kebanggaan Terhadap Identitas Bangsa

Melalui peringatan Hari Pahlawan, siswa diajak mengenali identitas bangsa yang terbentuk dari sejarah panjang perjuangan. Ini diharapkan memperkuat rasa bangga dan menghargai identitas Indonesia dalam diri siswa, sehingga mereka memiliki komitmen yang lebih tinggi dalam membangun bangsa.

  • Mengintegrasikan Nilai Kepahlawanan dalam Pembelajaran

Nilai kepahlawanan diintegrasikan ke dalam kurikulum dan metode pengajaran, seperti studi kasus atau proyek sejarah. Hal ini membuat nilai-nilai kepahlawanan menjadi lebih hidup dalam sistem pendidikan. Sehingga siswa tidak hanya mengenang, tetapi juga mengaplikasikan nilai tersebut dalam kehidupan sehari-hari.

Pendidikan berbasis nilai-nilai sejarah dan patriotisme membantu generasi muda memahami pentingnya menjaga, mengembangkan, dan mempertahankan negeri ini. Ke depan, alangkah baiknya jika perayaan Hari Pahlawan dapat lebih terintegrasi dengan sistem pendidikan di Indonesia. 

Harapannya agar generasi muda tidak hanya mengenal sejarah secara dangkal. Tetapi juga bisa menjadikan semangat kepahlawanan sebagai teladan dalam kehidupan dan pembelajaran sehari-hari.