Adik-adik Relawan Cilik Gemas

GERAKAN MEMBANGUN TAMAN BACA OLEH SISWA (GEMAS)

 

Gerakan Membangun Taman Baca oleh Siswa (GEMAS) merupakan aksi nyata dari Yayasan Bangun Kecerdasan Bangsa (YBKB) meluaskan akses ketersediaan buku bagi semua kalangan, terutama bagi anak-anak yang memiliki keterbatasan dalam mengakses buku bacaan. Seluruh lapisan masyarakat bisa mendukung GEMAS, mulai usia dewasa hingga anak-anak. 

Namun, untuk meningkatkan kepedulian dan literasi sejak usia dini, GEMAS memiliki sasaran utama para siswa usia dini dan sekolah dasar. Harapan kami, dari anak-anak untuk anak-anak Indonesia. Gerakan ini akan berlangsung dari pertengahan tahun 2022-2023.

Pada bulan April, GEMAS hadir ke Kiddy Mind Academy. Di sana, kami mengajak adik-adik usia sekolah untuk ikut serta berkontribusi membangun Taman Baca. Adik-adik diajak untuk #BeraniBerbagi dengan sesuatu yang menjadi miliknya, yaitu mainan layak pakai. Bisa berupa mainan bekas layak pakai maupun mainan baru. Donasi berupa uang untuk membantu pembangunan secara wujud fisik serta menunjang keragaman isi dari Taman Baca juga diperkenankan. 

Adik-adik Kiddy Mind Academy juga mendapatkan workshop Cara Membuat Pupuk Cair oleh Diah Kusumawardhani dengan memanfaatkan bahan-bahan yang ada di rumah. Sebagai bentuk apresiasi, setiap adik yang sudah berdonasi mainan maupun uang, menerima pin Relawan Cilik Gemas. Pin ini diharapkan dapat menjadi pengingat akan kebanggaan berkontribusi terhadap pembangunan Taman Baca. 

Pada hari Minggu, 26 Juni 2022 YBKB secara resmi meluncurkan Program Gerakan Membangun Taman Baca oleh Siswa (GEMAS) di Gramedia Matraman, Jakarta Timur. Bersama karakter Gema dan Gemi, adik-adik usia sekolah dasar diajak untuk ikut serta membangun 100 Taman Baca di seluruh Indonesia. Gerakan ini diharapkan dapat meningkatkan minat baca dan meluaskan akses buku bacaan bagi anak-anak Indonesia. Dari anak-anak untuk anak-anak Indonesia.

Saat adik-adik Relawan Cilik sudah beranjak dewasa, semoga mereka dapat mengingat momen betapa senangnya dapat berbagi. Bangsa ini butuh lebih banyak relawan kemanusiaan dan pejuang literasi. Dapat berkontribusi terhadap terbentuknya #BudayaMembaca dan tingkat #LiterasiTinggi di Indonesia sejak usia dini tentunya merupakan sebuah prestasi yang keren dan membanggakan!


  Kembali