Ekspedisi Wakaf 1 Juta Al Qur’an Untuk Indonesia

 

Indonesia merupakan negara dengan penduduk Muslim terbanyak di dunia. Menurut data dari Kementerian Dalam Negeri, pada bulan Desember 2022, terdapat 86,93 % jumlah penduduk Indonesia yang memeluk agama Islam. Ini menunjukkan bahwa mayoritas penduduk Indonesia menganut Islam sebagai agama yang diyakininya.

Kitab suci agama Islam adalah Al Qur’an. Namun ternyata jumlah penduduk Muslim yang dapat membaca Al Qur’an di Indonesia hanya 35 persen. Artinya 65 persen penduduk Muslim di Indonesia tidak dapat membaca Al Qur’an. Data Badan Pusat Statistik pun menunjukkan, hampir 3 juta penduduk Indonesia masih buta aksara. Tidak mampu membaca huruf latin, apalagi huruf Arab. Padahal, dengan Al Qur’an sebagai salah satu pedoman umat Islam, ada baiknya memiliki kemampuan membaca Al Qur’an.

Salah satu alasannya adalah karena mereka tidak memiliki Al Qur’an untuk belajar mengaji. Alasan lainnya antara lain Al Qur’an yang mereka miliki terbatas atau bahkan dalam keadaan lusuh dan rusak. Sehingga tidak layak untuk digunakan sebagai sarana belajar.

 

Salah satu tujuan Wakaf 1 Juta Al Qur'an: Mengganti Al Qur'an yang sudah lusuh

Kondisi Al Qur’an di salah satu lembaga pendidikan di kabupaten Sumedang

 

Misi YBKB for Humanity (YOU) adalah meningkatkan literasi melalui berbagai pemenuhan kebutuhan dasar. Salah satu tujuannya adalah terwujudnya Good Spiritual Life. Dengan kehidupan spiritual yang baik dan jiwa yang tenang, tentunya lebih mudah untuk meningkatkan literasi. Namun, bagaimana mayoritas penduduk Indonesia dapat memilikinya jika kebutuhan dasar seperti sarana membaca kitab suci Al Qur’an tidak terpenuhi? 

Kekurangan Al Qur’an tidak hanya terjadi di daerah pelosok yang sulit dijangkau, namun kondisi menyedihkan ini juga terjadi di daerah perkotaan pulau Jawa. Para relawan YOU terketuk untuk menginisiasi Program “Wakaf 1 Juta Al Qur’an untuk Indonesia” dengan menyalurkan Al Qur’an ke berbagai titik yang ada di Indonesia. Tujuannya untuk memberikan tambahan semangat dan motivasi melalui penyediaan sarana belajar yang baru dan layak digunakan. Harapannya, mereka dapat semakin semangat belajar mengaji dan menghafalkan Al Qur’an di tengah keterbatasan yang ada.

 

YOU Wakaf 1 Juta Al Qur'an

Penyaluran Wakaf 1 Juta Al Qur’an Untuk Indonesia di kabupaten Sumedang

 

Penyaluran 1 Juta Al Qur’an untuk Indonesia ke Pelosok Jawa telah dilaksanakan di beberapa kota yang ada di Provinsi Jawa Barat sejak bulan Maret. Dan penyaluran ini masih akan terus berlanjut hingga ke ujung timur Pulau Jawa. Penyaluran 1 Juta Al Qur’an ini juga telah dilaksanakan di salah satu desa di kabupaten Bungo, provinsi Jambi.

Pada bulan Agustus 2022, sebagian relawan YOU memulai diadakannya Ekspedisi Wakaf 1 Juta Al Qur’an ke wilayah pelosok Jawa. Kabupaten Karawang dan Sumedang merupakan sebagian dari wilayah yang dikunjungi oleh relawan YOU. Di ekspedisi ini, YOU menyalurkan mushaf Al Qur’an ke Pondok Pesantren Al Ahdiyah di kabupaten Karawang, MTs SA dan SMK Bani Mahfud di kabupaten Sumedang.

 

Wakaf 1 Juta Al Qur'an YOU

Wakaf 1 Juta Al Qur’an Untuk Indonesia di kabupaten Karawang

 

Ekspedisi Wakaf 1 Juta Al Qur’an akan terus berlangsung hingga akhir tahun ke seluruh penjuru negeri. Semoga para relawan YOU selalu diberikan kesehatan dan perlindungan dalam menunaikan misi yang mulia ini.

Jika kamu ingin ikut berdonasi sebagai bentuk dukungan terhadap program ini, bisa klik di sini ya.


  Kembali