hero

Bantuan Dana Pendidikan Yatim

Telah Terkumpul
Rp 0

Target Donasi
Rp 120,000,000

Jumlah Donasi
0

Sisa Hari
332 hari

Bantuan Dana Pendidikan Yatim

Berdasarkan data kemensos RI, terdapat hampir 1 juta anak yatim di Indonesia yang perlu mendapatkan bantuan sosial untuk kebutuhan sehari-hari pada Desember 2022. Jika untuk kebutuhan sehari-hari saja masih memerlukan bantuan, bagaimana dengan dana pendidikan mereka?

Yayasan Bangun Kecerdasan Bangsa melalui Lembaga Amil Zakat (LAZ) Bangun Kecerdasan Bangsa rutin memberikan bantuan dana pendidikan setiap hari Ahad untuk adik-adik yatim dalam kegiatan Doa Bersama yang berlangsung di kantor pusat Graha Cerdas Mandiri (GCM). 

Salurkan zakat, infaq maupun sedekah dan donasi untuk bantuan dana pendidikan anak yatim melalui lembaga resmi terpercaya seperti YBKB.

Keutamaan Membantu Anak Yatim

Menurut istilah, yatim adalah anak yang belum baligh namun sudah ditinggal wafat oleh ayah kandungnya. Dilansir dari laman resmi Wapres Republik Indonesia, K.H. Ma’ruf Amin menyampaikan himbauannya kepada segenap umat Islam Indonesia yang berkemampuan untuk menunaikan kewajiban berzakat, berinfak, dan bersedekah melalui LAZ yang resmi dan terpercaya. 

Salah Satu Penerima Manfaat Dana Pendidikan Yatim

Orang yang membantu anak yatim melalui penyaluran zakat, infak maupun sedekahnya memiliki berbagai keistimewaan. Para donatur merupakan penyokong penting program pembangunan pendidikan untuk kemandirian anak yatim di Indonesia. Selain itu terdapat berbagai keutamaan membantu anak yatim secara finansial:

1. Menjadi Sahabat Rasul di Surga

Sebagaimana sabda Rasulullah SAW,

"Saya dan orang yang menanggung hidup anak yatim seperti dua jari ini ketika di surga. Beliau berisyarat dengan jari telunjuk dan jari tengah, dan memisahkannya sedikit." (HR Bukhari)

2. Melembutkan Hati dan Kebutuhan Terpenuhi

“Ada seorang laki-laki yang datang kepada Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam mengeluhkan kekerasan hatinya. Nabi pun bertanya, ‘Sukakah kamu agar hatimu menjadi lunak dan kebutuhanmu teprenuhi? Kasihilah anak yatim, usaplah mukanya, dan berilah makan dari makananmu, niscaya hatimu menjadi lunak dan kebutuhanmu akan terpenuhi,” (HR. Thabrani)

3. Menjadi Penolong Generasi Penerus Bangsa

Banyak tokoh masyarakat yang tumbuh besar dalam kondisi yatim. Nabi Muhammad SAW yang lahir dalam kondisi yatim merupakan tokoh paling berpengaruh sepanjang sejarah manusia. Saat membantu anak yatim, tentunya ia akan tumbuh dewasa dan memiliki kesempatan untuk memberikan manfaat bagi bangsa dan negara.

Salah Satu Penerima Bantuan Dana Pendidikan Yatim

Anak yatim memiliki hak pendidikan yang juga sama dengan anak-anak lain. Bedanya, anak yatim tidak lagi memiliki orang yang bertanggung jawab untuk memenuhi kebutuhannya. Mari bantu penuhi kebutuhan anak-anak yatim dengan menyalurkan donasi pendidikan dan kemanusiaan kamu melalui YBKB.

Laporan

Belum ada laporan.