hero

Sedekah Nasi Jumat

Telah Terkumpul
Rp 2,479,717

Target Donasi
Rp 600,000,000

Jumlah Donasi
13

Sisa Hari
332 hari

Sedekah Nasi Jumat

Pandemi dan ancaman resesi telah menurunkan kemampuan ekonomi sebagian masyarakat Indonesia. Banyak saudara kita yang kehilangan pekerjaan maupun menurunnya penghasilan. Sedekah Jum’at YBKB hadir untuk memberikan sedikit senyum dan kebahagiaan bagi mereka yang membutuhkan.

Meningkatkan Literasi dapat dimulai dari hal sederhana seperti menyediakan Satu Paket Nasi untuk Memenuhi Nutrisi bagi Semua Generasi. 

Belasan Juta Penduduk Indonesia Masih Kurang Gizi

Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan, jumlah desa atau kelurahan di Indonesia  yang penduduknya menderita kekurangan gizi mencapai 12.183 desa. Sementara menurut laporan The State of Food Security and Nutrition in the World yang dirilis Food and Agriculture Organization (FAO), diperkirakan 17,7 juta penduduk Indonesia mengalami malnutrisi, tertinggi di Asia Tenggara.

Sedekah Nasi Jumat ditujukan untuk siapa saja

Terdapat beberapa faktor penyebab masalah gizi di Indonesia, antara lain konsumsi makanan yang tidak memenuhi jumlah dan komposisi zat gizi, adanya penyakit infeksi, dan tingginya tingkat kemiskinan sehingga tidak dapat memenuhi kebutuhan gizi.

Sedekah Jumat Sebagai Sarana Pemenuhan Gizi Masyarakat

Hari Jum’at telah dikenal sebagai hari yang penuh keberkahan. Rasulullah SAW menganjurkan umatnya untuk memperbanyak amalan seperti membaca Al Qur’an dan sedekah pada hari Jum’at. Selain itu, terdapat beberapa keutamaan dari Sedekah Jum’at:

  1. Pahala Dilipatgandakan

“Sedekah itu dilipatgandakan pahalanya pada hari Jumat (yakni bila sedekah itu pada hari Jumat, maka pahala berlipat ganda dari hari-hari lain.”

  1. Didoakan Malaikat

“Apabila seorang muslim bersedekah di hari Jumat pagi, maka dirinya akan mendapatkan keutamaan seperti sabda Nabi Muhammad SAW.”Setiap pagi hari di mana para hamba berada di dalamnya, ada dua malaikat yang turun seraya malaikat pertama berdoa; ‘Ya Allah, berikanlah bagi orang yang bersedekah ganti. Dan malaikat satunya lagi berdoa; ‘Ya Allah, berikanlah bagi yang tidak mau bersedekah (pelit) kebinasaan.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Sedekah Nasi Jumat YBKB 2022

  1. Setara dengan Pahala Sedekah di bulan Ramadhan

“Sesungguhnya shadaqah pada hari Jum’at itu memiliki kelebihan dari hari-hari lainnya. Shadaqah pada hari itu dibandingkan dengan hari-hari lainnya dalam sepekan, seperti shadaqah pada bulan Ramadhan jika dibandingkan dengan seluruh bulan lainnya.” Zaadul Ma’aad (I/407)

Yayasan Bangun Kecerdasan Bangsa memiliki fokus mencerdaskan bangsa melalui upaya peningkatan literasi dan berbagai aksi nyata. Setiap hari Jum’at, YBKB rutin menyalurkan setidaknya 200 Paket Nasi kepada masyarakat yang membutuhkan.

Paket nasi ini diharapkan bisa menjadi salah satu sarana penunjang terpenuhinya kebutuhan gizi masyarakat. Tidak hanya berisikan nasi dan lauk pauk, di dalam paket tersebut juga berisikan sayur dan buah dilengkapi dengan susu sebagai pelengkap. Bagi sebagian orang, paket berupa nasi box ini sangatlah sederhana. Tetapi bagi sebagian lain, nasi box ini merupakan kemewahan yang tidak bisa didapatkan setiap hari.

Yuk, salurkan donasi kemanusiaan kamu melalui Sedekah Jum’at YBKB! Mari bantu penuhi kebutuhan gizi saudara-saudara kita.

 

Laporan

Belum ada laporan.