Tanggal 2  Maret  2020 merupakan tanggal dimana Presiden Jokowi mengumumkan kasus Covid-19 yang pertama di Indonesia. Sejak tanggal tersebut, jumlah angka penduduk yang terpapar oleh Covid-19 terus bertambah dan jumlah pasien yang meninggal pun terus bertambah. 

Pandemi Covid-19 memiliki banyak dampak di berbagai sektor, mulai dari sektor kesehatan, pendidikan dan perekonomian. Berbagai keputusan dari Pemerintah guna menekan angka penyebaran Covid-19, salah satunya dengan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang membuat roda perekonomian masyarakat di Indonesia semakin terhimpit. 

Tidak sedikit industri-industri mulai dari industri rumahan hingga industri mikro yang harus menutup usaha mereka. Hal ini berimbas kepada para pekerja dan karyawan yang ada di dalamnya, mulai dari penyesuaian upah bulanan hingga Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) besar-besaran. 

Pemerintah sendiri telah mengucurkan sejumlah bantuan mulai dari bantuan dalam bentuk tunai maupun dalam bentuk bahan-bahan pokok, namun, seluruh bantuan tersebut belum mampu untuk membuat seluruh roda perekonomian dapat berjalan sebelum adanya pandemi. 

Masyarakat Indonesia pun banyak yang turut bergotong  royong dengan memberikan bantuan kebutuhan bahan pokok kepada masyarakat yang terdampak oleh Pandemi Covid-19. Hal ini yang membuat YBKB for Humanity (YOU) tergerak untuk turut serta dalam membantu meringankan beban orang-orang yang terkena dampak Covid-19.

Doa Yatim untuk Bangsa

Alhamdulillah atas izin Allah SWT dan kepedulian para sahabat Dermawan, di Hari Selasa, 30 Maret 2020, YBKB telah menyelenggarakan kegiatan Doa Yatim Untuk Bangsa. Kegiatan ini sekaligus sebagai bentuk perayaaan Isra Mi’raj 1442 H yang kali ini dirayakan dengan bentuk doa bersama dan santunan kepada 100 anak yatim binaan YBKB. 

Doa Yatim untuk Bangsa dilaksanakan dengan harapan dan doa kepada  Allah SWT agar Pandemi  Covid-19 dapat segera berakhir sehingga masyarakat dapat beraktifitas kembali dan salah satunya adalah kembali menggerakkan roda perekonomian masyarakat. 

Acara “Doa Yatim Untuk Bangsa” diselenggarakan di SMKN 57 Jakarta dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran virus Covid-19. 

Istighosah dan Doa Bersama Anak Yatim

Kegiatan Doa bersama dimulai dengan para peserta registrasi kehadiran mereka kepada panitia. Kemudian acara dibuka oleh Master of Ceremony sebagai penanda telah dibukanya acara Doa Yatim untuk Bangsa. 

Acara dilanjutkan dengan kegiatan Istighosah dan doa bersama anak-anak yatim. Semoga dengan istighosah dan doa bersama ini dapat menyentuh langit dan Allah mengabulkan doa dan harapan bangsa Indonesia  agar pandemi Covid-19 ini dapat  segera berakhir. 

Menyanyikan Lagu Indonesia Raya 3 Stanza

Setelah selesai berdoa bersama, kegiatan dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya 3 Stanza. Suasana khidmat dan syahdu sangat terasa saat seluruh peserta menyanyikan lagu kebangsaan Republik Indonesia.

Besar sekali harapan dan  doa tercurah di dalam diri para peserta agar Ibu Pertiwi Indonesia  dapat segera pulih dan bangkit kembali. 

Sambutan dan Dongeng bersama Kang Didin

Sepatah  dua patah sambutan dari Ketua Panitia dari bidang YOU menjadi agenda yang dilaksanakan setelah menyanyikan lagu  Indonesia Raya. Alhamdulillah kegiatan Doa Yatim untuk Bangsa turut dihadiri oleh Bpk H. Abdul Hakim selaku Wakil ketua RW 08 Gedong, Bapak Ustaz Mayadi Sebagai Ketua RT 008 Gedong dan Ibu Isye Faizah selaku Ketua IWAPI Jakarta Timur.

Kemudian acara berlanjut dengan dongeng bersama Kang Didin. Kang Didin sendiri merupakan seorang pendongeng anak dan juga sebagai motivator sekaligus praktisi pendidikan yang selalu membawakan dongeng yang memiliki nilai-nilai keagamaan sebagai bentuk dakwah. 

Penutupan dan Pemberian Santunan secara Simbolis

Alhamdulillah kegiatan Doa Yatim untuk Bangsa selesai dilaksanakan dan ditutup dengan pemberian santunan beserta sembako secara simbolis kepada 10 anak yatim binaan YBKB dan untuk santunan beserta sembako bagi anak-anak yatim lainnya diberikan di kantor Pusat YBKB di Pasar Rebo  agar mempermudah mereka membawanya karena lebih dekat dari rumah mereka. 

Alhamdulillah seluruh rangkaian kegiatan “Doa Yatim untuk Bangsa” telah dilaksanakan dengan baik dan lancar. Seluruh kegiatan ini tidak akan dapat terlaksana tanpa izin dari Allah SWT dan uluran tangan serta kemurahan hati para sahabat Dermawan yang sudi berbagi kepada anak-anak yatim melalui YBKB. 

Keluarga besar YBKB dan anak-anak yatim binaan YBKB mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya. Semoga Allah senantiasa memberikan limpahan berkah dan rahmat-Nya kepada kita semua. Serta senantiasa memberikan perlindungan dan kekuatan kepada kita semua agar kita dapat melalui pandemi Covid-19 ini hingga saatnya Allah SWT mengangkat pandemi ini dari bumi  Indonesia. Aamin ya rabbal’alamiin. 

 


  Kembali