Seremoni Serah Terima Cerdas Berqurban YBKB X Maybank

Salurkan Daging Kurban ke 15 kota,

Maybank Gandeng Kaleng Qurban YBKB

PT Bank Maybank Indonesia, Tbk melalui Unit Usaha Syariah (UUS), menggandeng Yayasan Bangun Kecerdasan Bangsa (YBKB) sebagai lembaga penyaluran program kurban pada Idul Adha 1443 H. Seremoni Serah Terima “Berbagi Untuk Kebaikan” Maybank telah dilaksanakan pada hari Jumat, 8 Juli 2022 pukul 10.00 WIB di Graha Cerdas Mandiri (GCM), Pasar Rebo, Jakarta Timur. Manager Syariah Maybank Syariah, William Duke hadir mewakili pihak Maybank. Sementara pihak YBKB diwakili oleh Kepala Divisi Kemitraan, Yozar Putranto.

Romy Buchari, Head Syariah Banking Maybank Indonesia mengatakan, “Inisiatif Berbagi Untuk Kebaikan ini merupakan wujud kepedulian Maybank Indonesia kepada warga yang kurang mampu serta sebagai bagian dari upaya untuk memperkuat ukhuwah atau persaudaraan antar sesama umat muslim yang merayakan Idul Adha.

Sebagai mitra pelaksana kurban Maybank, YBKB telah tersertifikasi Lembaga Amil Zakat (LAZ) melalui SK Dirjen Bimas Islam No. 884 tahun 2019. Penyaluran tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Dengan Tajuk “Berbagi Untuk Kebaikan” di tengah wabah PMK, pada Idul Adha tahun ini YBKB menyalurkan daging hewan kurban dalam kemasan kaleng ke 15 kota di Indonesia. 

“Kami memilih YBKB karena melihat program penyaluran hewan kurban yang lebih praktis dengan bentuk kaleng kurban dengan harapan ketika sampai kepada masyarakat, daging kurban yang diterima masih dalam keadaan baik dan segar,” ujar William Duke.

Kaleng Qurban adalah solusi cerdas dari YBKB menjawab keresahan masyarakat mengenai wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang telah menyebar luas di 22 provinsi. Selain daging yang telah dikemas dalam bentuk Kaleng Qurban, YBKB juga tetap menyalurkan daging mentah bagi masyarakat sekitar lokasi penyembelihan.

Penyembelihan hewan kurban di YBKB dilakukan pada hari Senin, 11 Juli 2022. Ini dilakukan untuk menghormati mitra pabrik pengolahan daging kurban yang baru beroperasi kembali setelah libur hari raya. Yozar berharap, penyembelihan dan pengolahan dapat langsung dilakukan di hari yang sama agar kaleng kurban yang diterima warga tetap segar. 

Daging hewan kurban yang telah dipotong akan langsung diolah menjadi rendang yang sudah dimasak matang lalu dikemas dalam kemasan kaleng. Satu kaleng memiliki berat bersih sebesar 185 gram. Setiap penerima Kaleng Qurban akan mendapat 10 hingga 15 kaleng atau setara satu hingga dua kilogram daging.

“Penyaluran daging hewan kurban di 15 kota telah memasuki tahun ke-5. Dengan adanya Kaleng Qurban, proses distribusi menjadi lebih mudah, aman dan higienis. Jangkauan pun dapat lebih luas ke pelosok. Tantangan wabah PMK dapat diatasi. Semoga kegiatan ini menjadi berkah bagi seluruh pihak yang mendukung kegiatan,” ungkap Putra Aditya Hidayat, Ketua Umum YBKB.

YBKB berkomitmen untuk mendukung terwujudnya SDGs (Sustainable Development Goals) no 2 dan 3, yaitu poin Tanpa Kelaparan serta Kehidupan Sehat dan Sejahtera, melalui program di bidang Kemanusiaan YOU (YBKB for Humanity). Generasi cerdas dengan tingkat literasi tinggi akan sulit terwujud jika kebutuhan nutrisi yang berasal dari protein hewani tidak terpenuhi. Daging hewan kurban yang merupakan daging merah merupakan salah satu bahan pangan terbaik pembentuk kecerdasan otak yang optimal pada diri anak dan dewasa. Inilah peran YBKB mencerdaskan bangsa.


  Kembali