hero

Baca dan Nonton Tingkatkan Literasi Generasi Muda

9 November 2022 |Artikel

Baca dan Nonton Tingkatkan Literasi Generasi Muda

 

Membaca dan nonton bisa menjadi dua aktivitas untuk meningkatkan literasi. Kombinasi dari kedua kegiatan ini bisa memaksimalkan cara belajar secara audio dan visual sehingga lebih bervariasi dan tidak monoton. 

Selain itu, kedua aktivitas ini juga bisa dimanfaatkan dalam berbagai situasi yang berbeda. Ditambah perkembangan teknologi dan internet membuat kedua aktivitas ini menjadi lebih mudah dan asik dilakukan dalam rangka pengembangan literasi khususnya bagi generasi muda.

 

Pengertian Membaca dan Menonton 

Membaca pada dasarnya adalah kegiatan memahami, menelaah dan mengerti suatu tulisan. Ini adalah aktivitas yang sudah dilakukan oleh umat manusia selama ribuan tahun lalu. 

Kegiatan ini menjadi salah satu kegiatan paling efektif untuk menambah pengetahuan yang nantinya dapat digunakan manusia untuk bertahan hidup. 

Sedangkan menonton adalah aktivitas yang menggunakan panca indra penglihatan yaitu mata dan kemudian memusatkan pada hal-hal yang berbau visual misalnya pertunjukan, film, drama, video dan lain-lain. 

Menonton TV bersama dapat menjadi sarana membangun kelekatan antar anggota keluarga

Manfaat Membaca untuk Meningkatkan Literasi Bagi Generasi Muda 

Salah satu cara agar orang memiliki pengetahuan adalah dengan rajin baca buku karena buku adalah aset yang berharga dan sahabat sejati bagi manusia. 

Membaca akan membantu kita mendapatkan lebih banyak pengetahuan, memperluas pemahaman kita, dan mengumpulkan informasi dengan cara tercepat karena buku memberikan bukti secara real atau saintifik.

Tidak hanya itu, melalui kebiasaan ini, kamu secara tidak sadar telah berusaha menyehatkan mental dan emosional, sehingga menjadi orang baik dan lebih rasional. Ditambah lagi kamu juga bisa menggunakan informasi yang didapat dari buku untuk meningkatkan pendidikan

Namun, tidak semua buku memiliki kualitas yang baik. Kamu juga harus selektif dalam memilih buku yang akan dilahap. Setelah memilih buku berkualitas, agar isi buku bisa diserap secara maksimal ke otak, kamu wajib membaca dengan seksama, membaca sambil menghayati makna, dan mencatat hal-hal yang bermanfaat dalam buku. 

Kemudian, cobalah berlatih dan terapkan apa yang telah dipelajari dari buku dalam kehidupan sehari-hari.

Membaca memiliki berbagai manfaat

Ada beberapa buku yang wajib dibaca untuk meningkatkan pengetahuan.

  • Buku Sastra

Yang pertama adalah buku sastra atau yang berisi karya sastra. Jenis buku ini akan membantu kita untuk mengetahui lebih banyak tentang dunia dan fenomena yang berhubungan dengan hati dan perasaan orang-orang. 

  • Buku Sejarah

Yang kedua adalah buku sejarah. Jenis buku ini akan membantu kita untuk mengetahui lebih banyak tentang sejarah, proses pembentukan dan perjuangan umat manusia di masa lampau. Dengan mengetahui sejarah, ini akan mencegah umat manusia di masa sekarang mengulang kesalahan yang sama dari leluhur mereka. 

  • Buku Motivasi atau Self Improvement

Yang ketiga adalah jenis buku motivasi atau self improvement. Buku ini berguna untuk membantu kita dalam mengatur, meningkatkan soft skill dan memperbaiki diri agar menjadi individu yang lebih berkualitas. 

Meningkatkan literasi adalah hal penting salah satunya dengan cara membiasakan diri membaca agar hidup tidak terasa sangat hambar dan membosankan. Ini bisa disebabkan karena kamu sangat kekurangan pengetahuan dan pemahaman serta bisa jadi akan mengalami kemunduran dibandingkan dengan masyarakat modern saat ini.

Menonton bersama bisa menjadi sarana belajar generasi muda

Manfaat Nonton untuk Meningkatkan Literasi Bagi Generasi Muda

Ada banyak cara untuk menghibur diri setelah lelah dan stres beraktivitas seharian, salah satu contohnya adalah dengan menonton. Misalnya menonton TV, menonton film ke bioskop atau menonton series di Netflix. Berikut ini manfaat yang bisa didapatkan ketika menonton:

  • Meningkatkan Kecerdasan dan Pengetahuan

Tahukah kamu, definisi nonton di zaman sekarang sudah lebih luas? Menonton tidak lagi hanya dikaitkan dengan hiburan dan aktivitas relaksasi semata. Tapi nonton juga bisa menjadi aktivitas untuk meningkatkan kecerdasan.  

Contohnya saat menonton berita harian. Saat menonton program berita, kamu akan menangkap informasi terbaru dan paling akurat, tidak hanya di dalam negeri tetapi juga di luar negeri. Ini otomatis akan membantu meningkatkan pengetahuan dan pemahaman. 

  • Belajar Tips dan Trik untuk Aktivitas Harian

Sekarang materi tontonan juga sudah lebih beragam karena pilihan ada pada tangan sendiri atau diri pribadi. Kamu dapat memilih beberapa program TV pendidikan yang baik yang memberi banyak pengetahuan bermanfaat. Misalnya memberikan informasi tentang kehidupan sehari-hari seperti tips dan trik serta cara memasak, mendekorasi rumah, tips berbelanja, hingga cara mengatur manajemen keuangan keluarga.

Selain TV, menonton sekarang bisa dari berbagai aplikasi tontonan. Yang paling terkenal adalah aplikasi Youtube, kamu tinggal mencari kata kunci dari materi yang akan ditonton kemudian kamu bisa menontonnya dari mana saja dan kapan saja selama memiliki akses internet. 

  • Belajar Hidup Lebih Mandiri

Selama materi yang ditonton baik di TV maupun aplikasi seperti Youtube adalah materi yang positif, ini akan membantu meningkatkan pemikiran mandiri, mampu menyelesaikan semua masalah sendiri tanpa meminta bantuan orang lain sehingga bisa hidup lebih mandiri. 

Membaca dan Menonton adalah sarana memperoleh ilmu pengetahuan di era digital

Cara Belajar Generasi Muda Masa Kini 

Di zaman modern, belajar tidak lagi hanya bisa melalui membaca buku, menonton video atau mengikuti belajar dan kursus online menjadi pilihan banyak generasi muda masa kini. 

Alasannya karena belajar atau kursus online lebih menghemat waktu, mereka tidak perlu datang langsung ke sekolah atau ke tempat kursus. Mereka juga tidak perlu mengeluarkan biaya lebih karena belajar tidak memerlukan biaya tempat atau biaya transportasi. 

Belajar juga bisa jauh lebih fleksibel, dari segi waktu dan tempat. Kamu bisa belajar di mana dan kapan saja. 

Perkembangan teknologi dan internet, membuat generasi muda saat ini mempertimbangkan efisiensi dan kemudahan akses sebagai sesuatu yang harus dipenuhi. 

Tidak hanya membaca buku fisik, sekarang sudah sangat mudah mengakses e-book (electronic book) atau buku elektronik, mengakses jurnal-jurnal ilmiah secara online serta mengakses penelitian dari berbagai belahan dunia tanpa harus hadir di tempat.

 Membaca e-book bisa melalui perpustakaan online

Bagi generasi Z, internet dianggap sebagai satu sumber pembelajaran. Ini ditandai dengan warga internet yang memiliki keyakinan kuat terhadap komunitas belajar online. Bagi generasi muda sekarang, online bisa dibilang sebagai salah satu tanda mereka terhubung dengan dunia luar dan memberi mereka kebebasan. 

Buku dapat membuka pikiran kita, membawa kita pada pemahaman, menuntun kita ke kedalaman, dan menjelaskan kepada kita untuk menemukan semua jawaban dalam misteri-misteri dunia. Buku juga dapat membawa kita ke dunia yang lebih jauh di luar jangkauan kita. Pada saat itu, kita tahu bahwa bahkan di tangan kecil kita dapat menggenggam dunia. 

Saat kita sedih, kita bisa menghibur dengan cerita lucu. Saat kita bahagia, kita bisa bersantai dan merasakan indahnya hidup melalui karya sastra.

Di sisi lain, menonton bisa membuat pengetahuan kita bertambah dan imajinasi kita berkembang. Kita bisa bebas terbang dengan kesenangan untuk memvisualisasikan dan mendengar informasi yang kita tonton di video. 

Dari penjelasan di atas, didukung pula dengan perkembangan teknologi, rajin membaca dengan kombinasi sering nonton video atau materi berisi informasi berkualitas adalah aktivitas yang sangat baik sebagai cara untuk membuat di kita lebih cerdas di masa kini.