Ciri Dermawan suka berdonasi

10 Penduduk Kota Paling Dermawan di Indonesia 

 

Menurut Charities Aid Foundation (GAF) dalam penelitiannya di tahun 2021 mengenai World Giving Index, Indonesia merupakan negara paling dermawan. Walaupun dilanda pandemi, tapi penduduk Indonesia tercatat sebagai negara yang paling dermawan. Penelitian ini mengukur 3 hal:

  1. Tingkat kerelaan menolong orang asing/orang tak dikenal
  2. Tingkat frekuensi berdonasi
  3. Tingkat keterlibatan dalam kerelewanan

    Indonesia Negara paling Dermawan menurut World Giving Index 2021

    Negara-negara paling dermawan di seluruh dunia menurut World Giving Index 2021 (Sumber: cafonline.org)

 

Dari 3 indikator di atas, Indonesia dinobatkan sebagai negara paling dermawan di seluruh dunia. Nah, penasaran ngga sih di Indonesia ini, penduduk kota mana yang paling dermawan?

Dalam sebuah survei di tahun 2020 yang melibatkan melibatkan 437 kota serta kabupaten seantero wilayah NKRI, ditemukan 10 kota yang penduduknya paling dermawan.  Survei ini dilakukan dengan mencatat:

  1. Keterlibatan Jumlah Donatur
  2. Jumlah Donasi Terkumpul
  3. Jumlah Relawan

Bagaimana dengan hasilnya? Intip saja daftar kota dengan kepedulian dan kedermawanan tertinggi di Indonesia berikut ini!

  • Jakarta Selatan

Apakah kamu adalah generasi Z Jaksel? Jika iya, maka kamu patut bangga dengan kota ini, karena ia berhasil menyabet gelar ‘kota paling dermawan se-Indonesia’. Ini terbukti oleh hasil survei bahwa terdapat 5523 donatur selama tahun 2020.

Bukan main, nominal donasi keseluruhan mencapai hingga Rp290 miliar! Wah, sangat fantastis! Tidak heran jika Jakarta Selatan berhasil menyabet kota paling dermawan seantero Indonesia.

  • Jakarta Timur

Kota satu ini sepertinya tidak mau kalah dengan tetangganya. Sebab, selama pandemi 2020, kota berjumlah penduduk kurang lebih 3 juta jiwa satu ini sudah mampu mengumpulkan hingga Rp26 miliar!

  • Tangerang Selatan

Kota urutan ketiga yang paling peduli sesama dan dermawan diraih oleh Tangerang Selatan. Selama pandemi, ada 3000 lebih donatur dari kota ini sehingga berhasil mengumpulkan dana donasi hingga Rp31 miliar. 

  • Semarang

Kota dengan 2 juta penduduk ini populer dengan keramahan masyarakatnya. Nah, keramahan dan kepedulian masyarakat ini terbukti oleh 2666 donatur yang telah berhasil mengumpulkan donasi sampai Rp24 miliar. 

  • Medan

Kota ini tidak cuma terkenal dengan keragaman kuliner dan objek wisata yang luar biasa, namun warganya pun sangat dermawan. Lewat adanya survei, telah diketahui bahwa Medan telah mengumpulkan donasi Rp23.7 miliar dengan 2300 donatur. 

Orang dermawan suka berdonasi

Suka donasi adalah salah satu ciri orang dermawan

  • Depok

Coba tebak siapa artis yang tinggal di kota ini? Ayu Ting Ting (ATT)? Ya, Benar! cerdas sekali! Nah, pada tahun 2020, kota ini berhasil mengumpulkan donasi dengan nominal hingga Rp21.6 miliar! Keren sekali, bukan?

  • Yogyakarta

Kota wisata ini tidak hanya populer dengan kesederhanaan dan kesantunan penduduknya. Namun Yogyakarta pun identik dengan kedermawanannya. Pada tahun 2020, telah tercatat 2600 orang yang mengumpulkan donasi sampai Rp13.5 miliar!

  • Padang

Selain terkenal karena daging rendang, Padang pun populer sebagai kota agamis yang lumayan aktif di ranah kemanusiaan. Pada 2020, kota ini telah berhasil mengumpulkan donasi dengan jumlah kurang lebih Rp13 miliar.

  • Bandung

Kota ini tidak cuma terhitung dalam daftar 50 kota paling cerdas di dunia, tetapi juga termasuk dalam kota terdermawan dalam survei ini. Selama 2020, Bandung memiliki 2431 donatur aktif dan uang donasi yang mencapai hingga Rp16 miliar.

  • Bandar Lampung

Ini merupakan urutan terakhir yang ada dalam daftar kota paling dermawan. Jadi, sepanjang pandemi tahun 2020, Bandar Lampung telah mengumpulkan 2757 donatur dengan donasi mencapai Rp9.5 miliar. Hebat sekali!

 

Nah, itu dia 10 kota dengan kedermawanan tinggi menurut survei terkini. Apakah kota tempat kamu tinggal termasuk dalam daftar tersebut? Jika ya, selamat dan terima kasih banyak atas kontribusimu terhadap sesama. Jika belum, tidak perlu patah semangat maupun pesimis. Karena, kamu bisa memulai kedermawanan tersebut dari hari ini!

 

Bersedekah menunjukkan sifat dermawan

Membiasakan berdonasi bisa dimulai dari hal sederhana

 

Kamu bisa mulai dengan berdonasi ke lingkungan sekitar kamu. Atau kamu juga bisa mulai menjadi relawan sesuai minat kamu. Kalau kamu minat menjadi relawan di bidang pendidikan, lingkungan maupun kemanusiaan, kamu bisa coba klik di sini!


  Kembali